Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Avanza Lebih Lengkap di Afsel

Kompas.com - 18/10/2016, 14:42 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Johannesburg, KompasOtomotif – Toyota Avanza semakin menjadi mobil yang lebih ”manusiawi”. Sejumlah fitur keselamatan canggih disematkan untuk mobil sejuta umat ini. Tapi jangan harap dijual di Indonesia, karena spesifikasi tambahan itu hanya dtawarkan untuk konsumen Afrika Selatan.

Toyota merilis fitur keselamatan baru untuk melengkapi versi standar. Terdapat Vehicle Stability Control (VSC) yang mendeteksi dan mencegah mobil tergelincir. Ada juga fitur Brake Assist (BA) yang menambah tekanan pengereman saat kondisi darurat.

Masih ada lagi, Toyota di Afrika Selatan juga melengkapi Avanza dengan kontrol traksi yang mencegah hilangnya traksi pada ban. Fitur ini menjadi fungsi kedua dari fitur ABS yang sudah ada.

Sebelumnya, Avanza di sana juga sudah punya fitur keamanan lengkap macam kantung udara penumpang depan, Electronic Brakeforce Distribution (EBD), sabuk pengaman tiga titik, ISOFIX, headrest tengah pada bangku kedua, serta ABS.

Di Afrika Selatan, Avanza tersedia dalam pilihan mesin 1NR-VE 1.300 cc VVT-i bertenaga 95,17 tk @6.000 rpm dan torsi puncak 121 Nm @4.200 rpm. Pilihan kedua, mesin 2NR-VE 1.500 cc bertenaga 103,22 tk @6.000 rpm dan torsi 136 Nm @4.200 rpm. Ada dua pilihan transmisi, manual 5 percepatan dan otomatik 4-percepatan.

Lima varian ditawarkan di Afrika Selatan, yakni 1.3 S, 1.3 SX, 1.5 SX, 1.5 SX AT, dan 1.5 TX. Semua tipe dilengkapi pelek alloy 15 inci, electric power steering, electric front windows, MID, dan empat speaker audio yang bisa dikontrol dari lingkar kemudi.

Bagaimana dengan di Indonesia?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com