Pabrik Mobil Merek China Sudah Nyaris Rampung

Kompas.com - 23/12/2016, 07:52 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Setelah ramai diperbincangkan pada Agustus 2016 lalu, pasca kemunculan di muka publik untuk pertama kalinya, bagaimana kabar produsen mobil asal China PT SGMW Motor Indonesia. Apakah semua masih di dalam jadwal yang direncanakan?

Dian Asmahani, Brand Manager SGMW Motor Indonesia mengatakan,  kalau saat mereka masih berkonsentrasi menyelesaikan pembangunan pabrik. Fasilitas tersebut dibangun di atas lahan seluas 60 hektar, dengan pembagian 30 hektar untuk supplier parts dan 30 hektar lagi untuk produksi.

“Kami masih fokus akan pembangunan pabrik, dan saat ini sudah hampir selesai sekitar 70 persen. Jadi bisa dikatakan sudah hampir jadi, hanya tinggal finishing, melengkapi alat produksi dan kondisi bangunan yang sedikit dipoles, 30 persen lagi menuju penyelesaian,” ujar Dian kepada KompasOtomotif, Kamis (22/12/2016).

Baca juga : “Janji Manis” MPV China untuk Pasar Indonesia

Ghulam/KompasOtomotif Wuling Hong Guang 1.5L.

Dian menambahkan, kalau produk yang akan diproduksi dan dipasarkan di Indonesia, bakal diusahakan untuk terus ditingkatkan komponen lokalnya. Persentasenya masih belum bisa dipastikan, tapi berjalan mengarah kepada peningkatan konten lokal bakal terus diupayakan.

“Masih menyesuaikan, pemasok di sini ada atau tidak, bisa atau tidak, karena mungkin ada perbedaan penggunaan bahan. Namun, saat ini sudah ada konten lokalnya, dan akan dinaikkan terus-menerus,” ujar Dian.

“Sampai saat ini, semua pekerjaan masih sesuai dengan jadwal, ke depannya akan kami update lagi,” ujar Dian. Kendaraan pertama SGMW, akan mulai dipasarkan pada kuartal ketiga 2017, dan akan memastikan layanan purna jual tersedia, di 50 diler seluruh Indonesia.

Pabrik SGMW Motor Indonesia berada di Greenland International Industrial Center (GICC), Blok BA Nomor 1 dan 2, di Sukamahi, Cikarang Pusat, Bekasi, Jawa Barat. Peletakan batu pondasi pertama sudah dilakukan pada Agustus 2015 lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.