Ekspor Toyota Indonesia Melandai di 2016

Kompas.com - 20/12/2016, 19:41 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – PT Toyota Motor Manufacturin Indonesia (TMMIN) tahun ini harus menerima kenyataan, di mana tidak berhasil mempertahankan performa bisnis ekspornya, dibanding 2015. Walaupun penurunan yang terjadi dianggap tidak terlalu signifikan.

Warih Andang Tjahjono, Wakil Presiden Direktur TMMIN mengatakan, penurunan karena permintaan di wilayah sasaran utama ekspor berkurang, seperti di Timur Tengah yang turun hingga 30 persen. Namun kondisi itu masih tertolong oleh demand impor yang tumbuh di negara lain, seperti Filipina dan Vietnam.

“Pengiriman ekspor sedikit turun tahun ini, di angka 5 persen. Sementara untuk tahun depan kita lihat saja respons pasar di semester pertama, dan kita bicarakan kembali bulan Agustus mengenai pasar Maroko, Argentina dan Vietnam seperti apa,” ujar Warih saat dijumpai pada acara penghargaan Toyota Eco Youth (TEY) di Taman Mini, Jakarta, Selasa (20/12/2016).

Warih melanjutkan, meski ekspor turun dari 170.000-an unit tahun lalu menjadi sekitar 165.000-an unit saat ini, produksi untuk domestik mengalami kenaikan mulai dari 10 persen sampai 15 persen. Jadi secara total volume produksi 2016 lebih besar dibanding dengan di 2015.

“Tercapai target produksi TMMIN tahun ini. Pihak Toyota Astra Motor (TAM) juga sudah menetapkan pangsa pasar di Indonesia sekitar 36 persen. Jadi secara keseluruhan total produksi TMMIN naik,” ujar Warih. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.