Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putih Masih Favorit Konsumen Toyota di Indonesia

Kompas.com - 20/12/2016, 08:42 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - ‎Warna paling dominan untuk kendaraan Toyota tahun ini adalah putih menurut data produksi Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Dari total produksi TMMIN di Karawang sebesar 201.000 unit pada Januari - November, sekitar 40 persen dicat putih.

"Sekarang banyak putih. Urutannya setelah itu hitam lalu silver‎," jelas Direktur Karawang Plant TMMIN Nandi Julianto saat ditemui di Karawang, Jawa Barat, Senin (19/12/2016).

TMMIN memiliki dua pabrik di Karawang. Plant I memproduksi Innova dan Fortuner, sedangkan Plant II melahirkan Etios, Yaris, Vios, Limo, dan yang terkini Sienta.

TAM Kaki Gunung Merapi, Yogyakarta.
TMMIN sudah menggunakan teknologi elektromagnetik untuk pengecatan model rendam. Pilihan warna sudah ditentukan sebelumnya, tentu berdasarkan penjualan mobil Toyota di pasaran.

Menurut Nandi, model Toyota memiliki banyak variasi warna namun pada akhirnya tetap putih atau hitam yang dipilih.

‎"Sebenarnya warna cerah itu kan mendukung buat mobil yang kecil seperti Sienta agar jadi terlihat. Tapi warna-warna seperti itu ramai pada awal produksi saja, begitu (penjualannya) stabil setelah itu kembali lagi," ucap Nandi.

Salah satu faktor yang dia ungkapkan mendukung konsumen Toyota memilih warna putih atau hitam terkait nilai jual dalam kondisi mobil bekas (mobkas). Warna-warna asli seperti putih, hitam, dan abu-abu, kata Nandi, nilai jual mobkasnya lebih baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com