Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Toyota Eco Youth" Kembali Diselenggarakan untuk Ke-10 Kali

Kompas.com - 20/12/2016, 18:19 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Kompetisi lingkungan antar pelajar sekolah menengah atas (SMA) dan sekolah menengah kejuruan (SMK) dalam program Toyota Eco Youth (TEY) kembali diselenggarakan Toyota Indonesia. Kali ini tercatat ada 539 total sekolah yang ikut dari 27 provinsi, di mana ini jauh lebih besar dari acara tahun lalu.

Tidak hanya dari banyaknya sekolah yang ikut, jumlah proyek yang diajukan juga membesar, hingga mencapai 2.532 proposal, mulai dari kategori science dan social movent.

"Kami samgat mengapresiasi antusiasme pelajar yang ikut, dan ini buat kami semakin yakin kalau generasi penerus itu sadar akan pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan. Kepada para pemenang, semoga mereka bisa  memberikan efek positif dan menginspirasi masyarakat," ujar Hiroyuki Fukui, President Director PT Toyota Astra Motor, di Jakarta, Selasa (20/12/2016).

Dari seluruh proposal, ditetapkan 25 proposal terbaik, di mana 15 proposal merupakan proyek kategori Science dan 10 proposal untuk kategori Social. Berdasarkan hasil penilaian dewan juri, terpilih masing-masing tiga pemenang, untuk setiap kategori, serta satu pemenang Best of The Best.

SMK PGRI Karawang keluar sebagai juara 1 untuk kategori Science, SMAN 34 Jakarta pemenang kedua, dan SMAN 1 KOBA terbaik ketiga. Sementara itu, untuk kategori Sosial, SMAN 1 Blora keluar sebagai jawaranya, urutan kedua SMAN 19 Bandung, serta MAN Model Banda Aceh pemenang ketiga.

Para pemenang di masing-masing kategori tersebut berhak atas hadiah sebesar Rp 70 juta untuk pemenang pertama, Rp 50 juta untuk pemenang kedua, dan Rp 30 juta untuk pemenang ketiga.

Sementara itu, gelar Best of The Best diraih SMK PGRI Karawang, dengan memboyong hadiah tambahan berupa pelatihan lingkungan di Jepang. Dengan demikian, total hadiah yang diberikan kepada para pemenang dalam program TEY ke-10 ini mencapai Rp 600 juta.

“Harapan kami, program Toyota Eco Youth ini juga dapat mendukung pendidikan Indonesia, khususnya budaya riset yang inovatif, dan pendidikan dengan wawasan terhadap lingkungan untuk tercapainya Indonesia yang lebih baik di masa depan,” ujar Masahiro Nonami, President Director PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com