Inovasi Pembatas Jalan dengan Sistem “Roller”

Kompas.com - 19/12/2016, 15:27 WIB
Inovasi pembatas jalan model baru. Brightside.meInovasi pembatas jalan model baru.
|
EditorAgung Kurniawan

Seoul, KompasOtomotif – Selain fitur pada mobil mobil, infrastruktur jalan mungkin bisa jadi cara untuk mendukung pengurangan fatalitas kecelakaan, seperti salah satunya inovasi pada pembatas jalan (penghalang/roadside barrier).

Fungsi dasar pembatas jalan, memang menahan mobil yang hilang kendali, agar tidak berpindah ke jalur lain atau terperosok ke jurang, tapi dengan konstruksi konvensional (lempeng besi), benturan yang terjadi bisa membuat cedera cukup serius bahkan meninggal.

Mengutip Brightside.me, Senin (19/12/2016) di mana salah satu perusahaan asal Korea Selatan ETI, mengembangkan jenis baru dari pembatas jalan. Kali ini pembatas bukan hanya sekedar besi, tapi memiliki roller plastik, atau biasa disebut safety roller barries guard.

Konsep desain baru ini, diklaim bisa mengurangi fatalitas kedelakaan, bahkan menyelamatkan pengemudi dari cedera. Metode ini mengalirkan kendaraan yang menabrak pembatas, sehingga tidak terbalik, serta diklaim bisa mengurangi potensi kerusakan pada mobil.

Coba melihat referensi lain, ternyata konsep ini juga sudah pernah dikembangkan oleh KSI Australia pada 2014 lalu. Diterangkan dalam sebuah video singkat, kalau roller safety roller ini menyerap dan mengkonversi energi kejut (shock energy) ke energi rotasi.

Berikut video pengetesannya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X