Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawasaki Versys-X 250 Menggoda, Apa Kelebihannya?

Kompas.com - 01/12/2016, 14:44 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) sukses ”curi start” dengan meluncurkan Versys-X 250. Inilah salah satu jenis sepeda motor yang selama ini cukup ditunggu, model adventure, tapi berkapasitas mesin kecil dengan harga yang relatif terjangkau.

Dua tipe sekaligus menggoda para petualang dan penyuka touring, yakni versi standar serta versi ”siap tempur” yang disebut Versys-X 250 Tourer. Banderol Rp 61,9 juta untuk versi standar, dan Rp 72,7 juta versi Tourer, apa yang didapat konsumen? KompasOtomotif berusaha membedah per bagian.

Mesin
Versys-X 250 berbagi egine dengan Z250, tapi dengan setelan yang berbeda. Tipe mesin adalah silinder ganda pararel, 249 cc, difokuskan pada torsi yang besar saat putaran mesin rendah dan sedang. Di lain sisi, pengiriman tenaga diset lebih kuat saat RPM tinggi. Tenaga maksimal mesin diklaim mencapai 33,5 tk @11.000 rpm dan torsi puncak 21,7 Nm @1.000 rpm.

Setelan ini diklaim mampu memfasilitasi manuver kecepatan rendah, dan memberikan kontrol sangat baik saat melakukan membuka gas lebih dalam. Getaran diklaim rendah, membuatnya nyaman saat dikendarai di jalan raya. Assist & slipper clutch menjamin perpindahan gigi yang halus dan cepat.

Kawasaki Kawasaki Versys-X 250 menggoda penggemar touring dan adventure.
Rangka dan suspensi
Backbone frame dari motor ini didesain tahan gundang, sehingga memiliki kapabilitas menghadapi jalan tidak beraspal. Frame-nya kokoh, mampu mengangkut pengendara dan bagasi dengan baik, sehingga membuat nyaman dipakai untuk touring.

Suspensi lebih panjang (long-travel) sudah menjadi cii khas kendaraan petualang. Ini memberi kemampuan lebih untuk situasi berkendara di luar aspal mulus. Misalnya jalan bumpy, berlubang, dan tidak beraspal sekali pun. Ukuran pelek jari-jari di depan 19 inci, dan belakang 17 inci, dibalut ban tipe multi-purpose.

Posisi Berkendara
Riding position tegak, disokong jok depan yang ramping, membuat pengendara dengan mudah menapak di tanah. Jok belakang lebar dan rata, serta pegangan pembonceng didesain nyaman. Banyak peranti yang bisa dipasang, misalnya hard panniers, LED fog lamp, DC outlet, hand guards dan centre stand.

Instrumentasi stylish dan multifungsi. Takometer analog lebar, diapit dengan warning lamps pada satu sisi, gear position indicator, dan LCD screen multifungsi di sisi lainnya. Tangki berkapasitas 17 liter.

Manajemen Pengatur Panas
Bukaan besar pada fairing membentuk aliran udara khusus, membantu mengusir panas mesin saat dikendarai. Penutup kipas radiator terletak di belakang, sehingga mengarahkan udara panas menjauh dari pengendara, tidak bikin paha panas kalau macet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com