Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Etios dan NAV1 Masih Bertahan di Indonesia

Kompas.com - 11/06/2016, 03:32 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Di balik gemerlapnya produk-produk baru Toyota, ada dua model yang sekarang berdiri di bayang-bayang, yaitu hatchback Etios dan multi purpose vehicle (MPV) NAV1. Keduanya sudah lama diisukan bakal berhenti diproduksi di dalam negeri, namun pihak Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) memastikan nasibnya belum berakhir.

“Pasarnya masing-masing ada lah,” kata Wakil Presiden Direktur TMMIN Warih Andang Tjahjono, di Jakarta, Jumat (9/6/2016).

Etios dan NAV1 memang masih dibeli, tapi ditinjau dari data, penjualannya terus turun. Pada 2014 Etios bisa terjual 10.041 unit tapi setahun kemudian merosot hampir separuh jadi 5.633 unit.

Febri Ardani Perubahan Toyota New NAV1 terletak pada eksterior dan interior.
Cerita Etios tidak lebih bagus dari NAV1. Ledakan besar NAV1 terjadi pada 2013, saat itu 2.830 unit yang terjual. Namun pada 2014 potensi menghilang sebab MPV dengan pintu geser itu terekam hanya laku 577 unit.

Sejauh tahun ini, Etios laku 1.646 unit sedangkan NAV1 hanya terjual 171 unit.

Jaga performa

Sekarang Toyota Indonesia sedang berusaha mempertahankan performa, jadi hasil semua model diterima. Masing-masing model punya masa emasnya sendiri-sendiri.

“Struktur itu pasti akan berubah-ubah tergantung pasarnya seperti apa. Pada saat ini, model ini turun, model itu naik, tapi secara total pasti akan kita jaga,” ucap Warih yang mengelak mengatakan Etios dan NAV1 adalah beban buat TMMIN.

Selama ini Etios diproduksi di pabrik TMMIN di Karawang, Jawa Barat. Sedangkan NAV1 dirakit lokal oleh anak perusahaan TMMIN, Sugity Creatives (Toyota Auto Body) di Bekasi, Jawa Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com