Tes Tabrak Toyota Fortuner yang Sesungguhnya

Kompas.com - 29/11/2016, 18:23 WIB
Toyota Fortuner di India yang terlibat kecelakaan parah. Semua penumpang dilaporkan selamat. rushlaneToyota Fortuner di India yang terlibat kecelakaan parah. Semua penumpang dilaporkan selamat.
|
EditorAgung Kurniawan

New Delhi, KompasOtomotif – Segala sesuatu yang berhubungan dengan safety akhir-akhir ini menjadi concern para pemilik mobil. Tak terkecuali saat sebuah Toyota All New Fortuner mengalami kecelakaan hebat di India, belum lama ini.

SUV pesaing Mitsubishi All New Pajero Sport itu tampak remuk redam karena jatuh ke jurang. Namun semua penumpang dilaporkan selamat dan hanya cedera ringan. Berbagai media, khususnya otomotif, langsung menyorot peristiwa itu dari sisi fitur keselamatan sebuah mobil.

Fortuner di India baru saja meluncur, belum genap dua bulan, dengan harga mulai Rp 511 jutaan. Menurut Rushlane, bahkan mobil ini dibangun bak sebuah tank, frase yang mewakili kekuatannya.

Mobil yang berkonfigurasi bangku 7-penumpang itu juga baru saja mengamankan status lima bintang dalam tes tabrak dari Global NCAP. Lalu, tibalah momen di mana tes tabrak sesugguhnya terjadi dalam sebuah kecelakaan.

rushlane Kondisi terakhir Fortuner terbaru setelah terguling ke dasar jurang (kiri). All New Fortuner dalam tes tabrak Global NCAP.
Ceritanya, pengemudi yang melesat terdistorsi dengan adanya truk yang datang dari depan. Mobil pun berusaha menghindari dan akhirnya berguling lalu hilang dari ketinggian. Tujuh kantung udara dilaporkan mengembang dan melindungi semua penumpang.

Tak hanya kantung udara, Toyota juga sukses mengembangkan platforma kuat dari generasi IMV. Bagian atap tampak ringsek, tapi masih kuat menahan benturan. Bagian samping bahkan tak rusak parah meski terguling.

Di India, Fortuner dijual dengan berbagai pilihan, termasuk mesin diesel 2.800 cc dan mesin bensin 2.700 cc. 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber rushlane
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X