Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terobosan Baru Baterai Mobil Listrik Toyota

Kompas.com - 29/11/2016, 07:13 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif – Baru sejak awal bulan November mendeklarasikan diri untuk ikut mengembangkan mobil listrik secara massal di 2020, Toyota kali ini mulai memberikan progres, mengenai perkembangan penelitiannya terkait dengan baterai. 

Mengutip Autonews, Senin (28/11/2016) Toyota mengklaim sudah menemukan terobosan baru, dari observasinya atas deviasi baterai lithium ion. Di mana tu memungkinkan mereka memiliki baterai yang 15 persen lebih tahan lama, dibanding yang dimiliki saat ini.

"Baterai lithium-ion adalah teknologi kunci untuk mobil elektrik. Karena adanya kebutuhan itu, maka  ke depan akan terus kami kembangkan teknologi dan kinerja, atau bahkan bisa lebih dari itu," ujar Hisao Yamashige, Peneliti Baterai di Toyota.

Baca juga : Toyota Produksi “Mobil Listrik” dalam Jangka Pendek

Melalui metode yang dikembangkan oleh Toyota Central R&D Labs, yang bekerja sama dengan Nippon Soken dan empat Universitas di Jepang, insinyur Toyota sekarang mampu melihat secara real time, bagaimana ion lithium bergerak di dalam elektroda.

Dari situ, para peneliti Toyota akan mempelajari pergerakan ion lithium, di mana akan mengarah desain baru baterai. Sehingga hasilnya akan membantu meningkatkan kinerja dan daya tahan baterai.

Salah satu unsur penting pada mobil listrik adalah mengenai daya tahan baterainya. Semua produsen berlomba untuk melahirkan teknologi baterai yang bisa  mengakomodasi jarak yang jauh, dalam satu kali pengecasan. Itu juga akan menarik minat konsumen untuk mau membeli mobil listrik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com