Sudah Sampai Mana Program Mobil Pedesaan?

Kompas.com - 09/11/2016, 09:01 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif - Program mobil pedesaan yang saat ini kembali mengemuka sebenarnya bukan kabar baru. Rencana membangun program ini juga sudah terdengar sejak 2010 lalu, yang disampaikan melalui Kementerian Perindustrian, tapi sampai saat ini belum terealisasi.

Wacana yang digulirkan saat itu, konsep mobil pedesaan adalah produk angkutan barang dan manusia dengan kapasitas mesin terbatas. Jika mengacu pada ucapan Budi Darmadi, mantan Dirjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kemenperin (menjabat hingga 2014), mesinnya di bawa 1.000cc.

Saat ditanyakan mengenai program ini, Yan Sibarang Tandiele, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian menyampaikan masih dalam pengkajian di tingkat pemerintah.

"Saat ini yang sedang dibicarakan pada tingkat pemerintah adalah program pengembangan mobil pedesaan. Syarat dan spesifikasinya sedang dikaji, demikian pula dengan regulasi atau pengaturannya," ujar Yan, kepada KompasOtomotif, Selasa (8/11/2016).

Yan melanjutkan, mobil pedesaan yang dimaksudkan adalah kendaraan multi guna yang cocok untuk di pedesaan. "Pastinya sampai saat ini masih dalam kajian, salah satunya juga mengenai insentif yang akan diberikan," tutur Yan.

Selain itu, Made Dana Tangkas, Presiden Institut Otomotif Nasional (IOI) yang ditunjuk sebagai koordinator pengembangan mobil pedesaan mengatakan, IOI melihat kendaraan pedesaan harus multi fungsi, di mana dapat melayani berbagai kebutuhan di desa.

"Lebih dari itu, kendaraan ini seharusnya multifungsi dan terintegrasi dalam produksi di tingkat pusat maupun menggunakan kemampuan di daerah, seperti misalnya sebagai body builder atau karoseri," ujar Made. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.