Apa Sih “Crossover” Yaris Heykers?

Kompas.com - 21/09/2016, 09:02 WIB
Modifikasi Yaris Heykers Stanly/OtomaniaModifikasi Yaris Heykers
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Ternyata, Yaris versi jangkung berwarna kuning yang pernah dipamerkan Toyota di Gaikindo Indonesia Auto Show (GIIAS), Agustus lalu bukan sekadar pajangan. Model pamer bernama Heykers itu diyakini jadi varian tambahan pada Yaris terbaru yang akan meluncur pada November mendatang.

Desain asli Yaris merupakan hatchback, generasi keempat yang beredar sekarang berbagi platform dengan Vios. Heykers menggunakan basis yang sama namun diolah menyerupai crossover.

Toyota Astra Motor (TAM) menjelaskan di GIIAS, Heykers dirancang tim desain internal. Aura sporty datang dari penggantian shock absorber dan pelek 17 inci berlambang TRD Indonesia.

“Ini membuat karakter penampilan Heykers lebih kuat dengan nuansa adventure,” bunyi keterangan resmi TAM ketika memperkenalkan Heykers di GIIAS.

Sumber dari Toyota Indonesia menjelaskan kepada KompasOtomotif, Selasa (21/9/2016), ground clearance  Heykers pada versi produksi lebih tinggi ketimbang Yaris. Postur jinjit terkonfirmasi karena penggantian suspensi dan pelek ukuran lebih besar.

“Memang kalau soal kenyamanan berkendara lebih enak yang ceper, cuma yang ini berani ke segala medan. Di jalan jelek lebih enak,” ungkapnya.

Melahirkan varian baru Heykers bisa jadi strategi TAM buat melebarkan pasar Yaris sekaligus mengisi celah di bawah model yang selama ini jadi SUV terkecil, Rush. Selain itu juga bakal jadi model efektif membendung langkah Suzuki melepas SX4 Scroos ke pasar domestik Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Detail soal Heykers bakal terungkap lebih gamblang menjelang peluncurannya. Jangan heran kalau nanti berbagai bocoran bakal merebak di internet. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.