Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Sih “Crossover” Yaris Heykers?

Kompas.com - 21/09/2016, 09:02 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Ternyata, Yaris versi jangkung berwarna kuning yang pernah dipamerkan Toyota di Gaikindo Indonesia Auto Show (GIIAS), Agustus lalu bukan sekadar pajangan. Model pamer bernama Heykers itu diyakini jadi varian tambahan pada Yaris terbaru yang akan meluncur pada November mendatang.

Desain asli Yaris merupakan hatchback, generasi keempat yang beredar sekarang berbagi platform dengan Vios. Heykers menggunakan basis yang sama namun diolah menyerupai crossover.

Toyota Astra Motor (TAM) menjelaskan di GIIAS, Heykers dirancang tim desain internal. Aura sporty datang dari penggantian shock absorber dan pelek 17 inci berlambang TRD Indonesia.

“Ini membuat karakter penampilan Heykers lebih kuat dengan nuansa adventure,” bunyi keterangan resmi TAM ketika memperkenalkan Heykers di GIIAS.

Sumber dari Toyota Indonesia menjelaskan kepada KompasOtomotif, Selasa (21/9/2016), ground clearance  Heykers pada versi produksi lebih tinggi ketimbang Yaris. Postur jinjit terkonfirmasi karena penggantian suspensi dan pelek ukuran lebih besar.

“Memang kalau soal kenyamanan berkendara lebih enak yang ceper, cuma yang ini berani ke segala medan. Di jalan jelek lebih enak,” ungkapnya.

Melahirkan varian baru Heykers bisa jadi strategi TAM buat melebarkan pasar Yaris sekaligus mengisi celah di bawah model yang selama ini jadi SUV terkecil, Rush. Selain itu juga bakal jadi model efektif membendung langkah Suzuki melepas SX4 Scroos ke pasar domestik Indonesia.

Detail soal Heykers bakal terungkap lebih gamblang menjelang peluncurannya. Jangan heran kalau nanti berbagai bocoran bakal merebak di internet. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com