Toyota 86 “Redesign” Dijual Awal Agustus

Kompas.com - 07/07/2016, 09:01 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Nagoya, KompasOtomotif – Sport compact Toyota 86 dengan tampilan redesign, mulai dijual 1 Agustus 2016. Kepastian ini disampaikan pihak Toyota Jepang, Selasa (5/7/2016), mengutip Nikkei, Rabu (6/7/2016).

Tetsuya Tada, Toyota Motor Chief Engineer, mengatakan, model baru ini memiliki performa yang lebih responsif dibanding sebelumnya. Kemudian ubahan juga sedikit dilakukan pada sisi handling dan aerodinamis.

Eksterior bagian depan Toyota 86 baru ini punya desain yang diklaim bisa meningkatkan kemampuan aerodinamis. Gril lebih lebar dan terdapat lekukan tajam di bemper bawah, dengan posisi hidung mobil yang sedikit lebih rendah.

Redesign ini merupakan langkah Toyota untuk membawa Toyota 86 lebih dekat dengan pengendara muda, di usia 20-an tahun. Padahal saat Toyota 86 pertama kali menggebrak pasar pada 2012, didominasi oleh pembeli dengan rentang usia 40-50-an tahun.

Harga yang dibanderol yaitu 3,04 juta yen atau Rp 397 juta untuk GT-grade bertransmisi matic. Banderol ini lebih mahal sekitar 60.000 yen dibanding model sebelumnya.

Penjualan Toyota 86, dari awal kemunculannya di tahun 2012, hingga akhir Mei 2016, sudah dijual 50.000 unit di Jepang dan 160.000 unit di seluruh dunia. Sementara untuk redesain ini, diharapkan bisa menarik penjualan mencapai 500 unit per bulan.

Sekilas mengenaik 86, bahwasanya produk ini merupakan hasil kolaborasi antara Toyota dan Fuji Heavy Industries, yang merupakan pembuat mobil Subaru. Mobil ini terkenal mudah disesuaikan interior dan eksteriornya. Toyota 86 juga mengingatkan pada mobil sport Toyota generasi AE86 Corolla Levin dan Sprinter Trueno yang populer di era 1980-an.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.