Kompas.com - 19/06/2016, 03:30 WIB
Tawaran menarik dari Blue Bird, hanya dengan DP Rp 5 juta bisa bawa pulang Toyota Limo produksi 2009. Aris F Harvenda/KompasOtomotifTawaran menarik dari Blue Bird, hanya dengan DP Rp 5 juta bisa bawa pulang Toyota Limo produksi 2009.
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif – Blue Bird punya lini bisnis mobil bekas (mobkas) yang menjual beragam model, tidak hanya taksi reguler tapi juga bekas usaha rental. Pasarnya cukup besar, sekitar 350 – 400 unit per bulan, namun arena bermainnya tidak sama seperti pedagang mobkas pada umumnya.

Meskipun banyak, model yang dijual divisi mobkas Blue Bird terbatas sebab hanya bekas kendaraan operasional yang sudah melewati usia lima tahun. Misalnya, Toyota Limo dari taksi reguler dan Mercedes Benz E 200 Kompressor bekas Silver Bird. Selain itu Blue Bird juga menjual Avanza, Xenia, Ertiga, Innova, dan sebagainya dari Golden Bird.

Setiap mobil yang jadi mobkas dijual dengan STNK atas nama perusahaan, namun plat nomor sudah diganti dari kuning ke hitam.

Febri Ardani/KompasOtomotif Unit taksi Toyota Limo di Pool Blue Bird, Hampir tidak ada bedanya dengan Vios.
Hery Sugiarto, General Manager Used Car PT Blue Bird  tbk, memaparkan, jumlah unit yang “turun” ke divisi mobkas tergantung banyaknya pembelian mobil operasional baru oleh perusahaan. Saat ini dikatakan, divisi mobkas Blue Bird mendapat tambahan pasokan 30 -40 unit per bulan.

Blue Bird “harus” melepaskan unit, berbeda dengan bisnis jual-beli pedagang yang bisa mengatur tempo. “Polanya berbeda,” ucap Hery di Jakarta, Jumat (10/6/2016).

Febri Ardani/KompasOtomotif Mobil mewah bekas operasional Blue Bird, Toyota Vellfire.
“Kami tidak mengikuti arusnya pasar mobkas bagaimana, kadang kami harus melawan arus karena yang turun tuh banyak,” kata Hery.

Wilayah mobkas Blue Bird berbeda dengan para pedagang, meskipun unit-unit mereka bisa saja bertemu di pasaran. Lagipula, lanjut Hery, pasar mobkas nasional sulit dibaca sebab data yang mencakup seluruh jual-beli tidak ada.

“Sekarang kan  gelap, hanya bisa meraba di tengah kegelapan,” katanya.

Pembeli mobkas Blue Bird bukan cuma individu, tapi juga berasal dari kalangan pembeli borongan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.