Kompas.com - 15/06/2016, 08:23 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif - Forbes telah merilis daftar atlet terkaya di dunia tahun ini. Di antara 100 nama terdaftar, Lewis Hamilton menjadi wakil dari dunia otomotif yang mencapai peringkat tertinggi. Juara dunia Formula Satu (F1) musim 2008, 2014, dan 2015 itu berada di peringkat ke-11 yang sekaligus menobatkannya sebagai pebalap terkaya sejagat saat ini.

AFP PHOTO / PATRIK STOLLARZ Pebalap Ferrari, Sebastian Vettel.
Total pendapatan Hamilton mencapai 46 juta dollar Amerika Serikat (AS) atau setara dengan Rp 614,47 miliar. Terdiri gaji dan hadiah kemenangan 42 juta dollar AS serta keuntungan dari sponsor 4 juta dollar AS.

Jika sedikit dielaborasi, maka Hamilton setiap bulannya mendapatkan gaji Rp 51,2 miliar. Lantas, jika dibagi lagi, sehari pebalap Inggris itu menerima Rp 1,7 miliar atau Rp 71,1 juta per jam, selama ia bernapas.

Pebalap lain yang bisa mendekatinya yaitu Sebastian Vettel di urutan ke-19. Juara dunia F1 pada 2010, 2011, 2012, dan 2013 ini memiliki total pendapatan 41 juta dollar AS.

Fernando Alonso juga masuk dalam daftar, berada ke-24 dengan total pendapatan 36,5 juta dollar AS. Rekan satu tim Hamilton di Mercedes, Nico Rosberg, juga masuk dalam daftar tetapi ia berada di urutan ke-98 bersama pendapatannya, 21 juta dollar AS.

Crash.net Fernando Alonso dan Jenson Button
Pebalap terkaya bukan hanya berasal dari ajang F1, wakil dari NASCAR, Dale Earnhardt Jr dan Jimmie Johnson juga masuk daftar. Masing-masing berada di urutan 71 dan 82, keduanya memiliki kekayaan di atas 20 juta dollar AS.

Menjadi pebalap roda empat sepertinya punya masa depan lebih cerah bila dinilai dari pendapatan. Dalam list tidak terlihat satupun pebalap dari balapan roda dua.

Atlet terkaya di dunia berasal dari olahraga sepak bola. Christiano Ronaldo berada di posisi pertama, diikuti Lionel Messi. Daftar lengkap bisa dilihat pada tautan berikut.

JEA-CHRISTOPHE MAGNENET / AFP Pebalap Mercedes asal Jerman, Nico Rosberg, menghadiri konferensi pers jelang GP Monaco, Kamis (26/5/2016).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Carscoops
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.