Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rosberg Lupa Memencet Tombol Saat Senggol Hamilton

Kompas.com - 16/05/2016, 12:07 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Catalunya, KompasOtomotif – Penyebab kecelakaan dua pebalap tim Mercedes di GP Spanyol, Minggu (15/4/2016), karena F1 W07 Hybrid yang dikemudikan Nico Rosberg lebih lambat dari Lewis Hamilton. Setelah ditelusuri, beda sekitar 17 kpj yang terjadi sebab Rosberg lupa memencet tombol di setir yang seharusnya  membuat power mesin maksimum.

Motorsport.com Kemudi Mercedes F1 W07 Hybrid yang dikemudikan Nico Rosberg.
Insiden pertama yang membuat tim Mercedes gagal finis sejak GP Australia pada 2011 ini terjadi setelah tikungan ketiga pada lap pertama, saat itu Hamilton mengejar Rosberg yang sedang memimpin. Hamilton yang mengatakan menyadari Rosberg salah setingan mesin mencoba mendahului dari kanan tapi dihalangi.

Hamilton berujar berusaha menghindari mobil bersentuhan sebab itu dia bergeser ke area rumput. Namun, karena kehilangan traksi di aspal, mobil melintir hingga mengenai bagian belakang mobil Rosberg. Keduanya terpaksa tergelincir ke pinggir lintasan.

F1/Twitter Mobil Lewis Hamilton menabrak Nico Rosberg.Kedua pebalap Mercedes keluar dari GP Spanyol 2016.
“Jadi dia kehilangan tenaga saat itu, berarti dia kehilangan sekitar 180 tk – jadi saya terjebak. Saya berusaha mengejar, dia tidak berada di garis balap, di hanya ada di bagian dalam, satu langkah di kanan, jadi ruang di kiri lebih banyak dari di kanan. (Lalu) saya ke kanan karena ada ruang di sana, sebagai pebalap saat 17 kpj lebih cepat, Anda ambil ruang itu, Anda coba melakukannya,” kata Hamilton.

Ucapan Hamilton lebih jelas bila dilihat di video dalam tautan ini.

SAEED KHAN/AFP PHOTO Pebalap Mercedes, Nico Rosberg (Jerman) dan Lewis Hamilton, berbicara saat berada di podium Sirkuit Melbourne Grand Prix, Albert Park, setelah menyelesaikan balapan GP Australia, Minggu (20/3/2016).

Lupa memencet

Rosberg menyadari kesalahan setingan mesin, tapi ia mengatakan cepat mengantisipasi. Dia menolak pernyataan tidak melihat Lewis di belakang karena melepaskan pandangan untuk melihat kemudi agar bisa memencet tombol “power” yang ada di sebelah kiri atas di kemudi.

“Ada tombol yang harus saya pencet dan saya tahu di mana itu tanpa perlu melihatnya, karena itu adalah tombol overtake yang saya selalu gunakan,” kata Rosberg.

Pada tikungan pertama dan kedua, W07 Rosberg belum terpengaruh salah setingan. Tenaga yang dia punya untuk mendahului Hamilton pada tikungan pertama masih berasal dari mode “launch” yang secara otomatis menyala saat start.

Steward (pengawas lomba) sudah menyatakan tidak ada yang bersalah dalam kecelakaan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com