Tata Motors Anggap Esemka “Teman Main”

Kompas.com - 12/06/2016, 07:43 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Transformasi Esemka, proyek yang kini digerakan oleh perusahaan baru, Adiperkasa Cipta Esemka Hero (ACEH), sudah punya gambaran awal, bermain di area transportasi pedesaan. Langsung ataupun tidak, persaingan pasti terjadi dengan merek yang sudah lebih dulu ada. Salah satunya, Tata Motors.

Wilda Bachtiar, Marketing Manager-Commercial Vehicle Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI), menanggapi perkembangan Esemka yang kini sudah masuk tahap prototipe model dan kelanjutan pembangunan pabrik di Boyolali, Solo. ACEH tengah menyiapkan lima model, beberapa yang sudah diketahui, MPV, SUV, dan pikap.

“Dari sisi nasionalisme, saya sih bangga. Tetapi bisnis otomotif ini kan tidak hanya bagaimana kita bisa bikin mobil. Agak kompleks,” kata Wilda  di Jakarta, Kamis (8/6/2016).

TMDI sekarang tidak lagi jualan mobil penumpang, Prediksinya, model Esemka yang akan bersaing dengan produk Tata Motors adalah pikap. Saat ini TMDI sedang menikmati berkembangnya pasar pikap kecil Super Ace 1.4L yang dijual mulai Rp 116,4 juta dan pikap mini ACE EX2 700cc seharga Rp 80 juta.

Memang, persaingan Tata Motors dengan Esemka masih jadi percakapan di udara. Pasalnya, model pikap Esemka yang akan dijual sampai saat ini belum kelihatan wujudnya. Wilda menganggap Esemka bukan pesaing tapi justru malah bisa meramaikan pilihan konsumen.

“Kami berharap tumbuh bareng. Kami tidak pernah menganggap pesaing itu ‘competitor’ tapi ya teman main saja,” ucap Wilda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.