Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tata Motors Anggap Esemka “Teman Main”

Kompas.com - 12/06/2016, 07:43 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Transformasi Esemka, proyek yang kini digerakan oleh perusahaan baru, Adiperkasa Cipta Esemka Hero (ACEH), sudah punya gambaran awal, bermain di area transportasi pedesaan. Langsung ataupun tidak, persaingan pasti terjadi dengan merek yang sudah lebih dulu ada. Salah satunya, Tata Motors.

Wilda Bachtiar, Marketing Manager-Commercial Vehicle Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI), menanggapi perkembangan Esemka yang kini sudah masuk tahap prototipe model dan kelanjutan pembangunan pabrik di Boyolali, Solo. ACEH tengah menyiapkan lima model, beberapa yang sudah diketahui, MPV, SUV, dan pikap.

“Dari sisi nasionalisme, saya sih bangga. Tetapi bisnis otomotif ini kan tidak hanya bagaimana kita bisa bikin mobil. Agak kompleks,” kata Wilda  di Jakarta, Kamis (8/6/2016).

TMDI sekarang tidak lagi jualan mobil penumpang, Prediksinya, model Esemka yang akan bersaing dengan produk Tata Motors adalah pikap. Saat ini TMDI sedang menikmati berkembangnya pasar pikap kecil Super Ace 1.4L yang dijual mulai Rp 116,4 juta dan pikap mini ACE EX2 700cc seharga Rp 80 juta.

Memang, persaingan Tata Motors dengan Esemka masih jadi percakapan di udara. Pasalnya, model pikap Esemka yang akan dijual sampai saat ini belum kelihatan wujudnya. Wilda menganggap Esemka bukan pesaing tapi justru malah bisa meramaikan pilihan konsumen.

“Kami berharap tumbuh bareng. Kami tidak pernah menganggap pesaing itu ‘competitor’ tapi ya teman main saja,” ucap Wilda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com