Menperin "Geber" Motor Listrik Zero [Video]

Kompas.com - 09/04/2016, 07:33 WIB
Menteri Perindustrian Saleh Husin Febri Ardani/KompasOtomotifMenteri Perindustrian Saleh Husin "geber" Zero SR edisi Black Stealth di IIMS 2016, Jumat (7/4/2016).
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Menteri Perindustrian Saleh Husin bukan cuma mencoba duduk di atas moge Scrambler Ducati saat berkunjung ke “Garansindo World” di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016. Ia juga sempat menjajal langsung memuntir selongsong gas sepeda motor listrik Zero Motorcycles.

Beda seperti motor dengan mesin pembakaran dalam, suara yang keluar saat gas dibuka panjang bukan bunyi khas knalpot tapi berdesing dari kerja sistem gerak mekanis. Motor tanpa knalpot ini tidak menghasilkan emisi kimia, jadi lebih bersih buat lingkungan.

Motor yang dinaiki menteri adalah model terkencang Zero Motorcycle, yaitu SR. Namun versi dengan tampilan hitam itu adalah edisi “Black Stealth” garapan rumah modifikasi asal dalam negeri White Collar Bike. Kemampuan maksimalnya setara 67 tk dan torsi 144 Nm.

Selama kurang dari semenit Husin di atas motor yang sedang terparkir itu, suara desing semakin bernada tinggi setiap kali gas dibuka lebar. Wajah Husin terlihat penuh dengan senyuman lebar.

Dhani M Yahya, Managing Director Garansindo Technologies sempat menceritakan kepada menteri bahwa Garansindo sedang mengembangkan sepeda motor listrik “murah” bersama Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

“Tentu kita dorong terus dan apa yang telah dirintis bersama teman-teman ITS, ini kan bisa terwujud dan kedepannya kalau bisa ya nanti diproduksi di Indonesia,” kata Husin.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X