Pengusaha Beli Truk Bekas, Siapa yang Jamin?

Kompas.com - 08/03/2016, 18:31 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif
– Truk adalah alat produksi yang tidak hanya dipakai sekali dua kali, namun ”jam terbang”-nya bisa berlipat-lipat dari kendaraan pribadi. Saat pengusaha memutuskan beli dalam keadaan bekas dari luar negeri, dikhawatirkan tidak ada jaminan apa pun, termasuk perawatan.

Itulah edukasi yang ingin disampaikan PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) untuk mengantisipasi dampak negatif (turunnya penjualan) akibat dari dibukanya keran impor truk bekas oleh pemerintah. Tak hanya soal perawatan, keamanan dalam jangka panjang juga dipertanyakan.

Per 1 Januari 2016, pemerintah sudah memberlakukan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No 127 tahun 2015 tentang Ketentuan Impor Barang Modal dalam Keadaan Tidak Baru. Artinya, siapa saja boleh impor langsung truk bekas.

”Kalau jual saja mudah dibandingkan dengan perawatan. Sebagai contoh, kalau sedan, pemakaian 20.000-25.000 km, dua kali masuk bengkel. Truk, 1 tahun sudah 60.000 km atau 6 kali ke bengkel. Kalau impor bekas? Tidak jelas mana pabriknya? Jaringannya seperti apa? Siapa yang merawat?” ucap Santiko Wardoyo, Direktur Pemasaran dan Promosi PT Hino Motor Sales Indonesia, (8/3/2016).

Santiko berusaha memberikan edukasi, bahwa membeli truk bekas yang diimpor dari luar negeri justru akan merugikan konsumen. Hal itu sudah menjadi pengalaman beberapa tahun lalu saat momen yang sama diberlakukan pemerintah dan diberhentikan pada 2007.

”Pasti ada yang membeli, tapi lama-lama akan balik lagi (beli truk baru). Itu sudah terjadi, dan konsumen akan mengeluarkan biaya lebih besar. Soal keamanan juga tidak ada yang bertanggung jawab,” kata Santiko.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.