Harga Mobil Daihatsu Naik Hingga Rp 3 Jutaan

Kompas.com - 15/01/2016, 07:20 WIB
SPG dari stan Daihatsu yang putih bersih. Rodrick Adrian Moses/Kompas.comSPG dari stan Daihatsu yang putih bersih.
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif – Di awal 2016 ini PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mulai menaikkan harga kendaraannya. Kenaikan tersebut dilakukan untuk menyesuaikan BBN (Pajak Bea Balik Nama) yang naik setiap tahun.

Menurut Direktur Pemasaran PT ADM Amelia Tjandra, masing-masing model mengalami kenaikan harga. Tetapi, besar kenaikannya berbeda-beda. Sebab, dihitung dari pajak kendaraan itu sendiri.

“Setiap tahun kita ada kenaikkan harga karena menyesuaikan dengan kenaikan pajak. Semua merek juga seperti itu. Masing-masing model naiknya berbeda, mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 3 jutaan,” ungkap wanita yang akrab disapa Amel di acara Konferensi Pers Daihatsu Awal 2016 di Sunter, Jakarta Utara, Kamis (14/1/2016).

Mobil Murah

Amel melanjutkan, mobil murah (Low Cost and Green Car/LCGC) Daihatsu Ayla juga mengalami kenaikan. Tetapi tidak besar, karena naiknya mengikuti pajak 2016. Selain pajak, tidak ada faktor lain dalam menaikkan harga di awal tahun ini.

Sesuai Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 33 Tahun 2013 tentang Pengembangan Produksi Kendaraan Bermotor Roda Empat Hemat Energi dan Harga Terjangkau (KBH2) acuan harga minimum yang ditetapkan sebelumnya (Rp 95 juta), bisa direvisi jika terjadi perubahan pada kondisi atau indikator ekonomi.

Acuan perubahan ini bisa dilihat dari data inflasi, nilai tukar rupiah, dan kenaikan harga bahan baku.

Kenaikan ini juga wajib mengacu pada kondisi atau indikator ekonomi dari Badan Pusat Statistik menyangkut inflasi, nilai tukar kurs tengah rupiah terhadap dollar AS dari Bank Indonesia, serta hasil verifikasi penyurvei untuk penelusuran kenaikan harga bahan baku yang terjadi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X