Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peranti yang Bikin Motor Jadi ”2-Wheel Drive”

Kompas.com - 03/01/2016, 15:02 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber visordown

Munich, KompasOtomotif – Produsen aksesori dari Jerman, Wunderlich, mengembangkan peranti revolusioner yang membuat roda depan sepeda motor bergerak, atau bisa disebut 2-wheel drive (2WD). Peranti itu dipasangkan dengan BMW R1200GS, sepeda motor petualangan terlaris di dunia.

Seperti dilansir Visordown (30/12/2015), peranti ini berupa semacam girboks yang dipasangkan pada roda depan, bergerak secara elektrik. Sistem ini mampu memproduksi tenaga 13,6 tk, yang membuat ban depan bisa bergerak membantu pergerakan ban belakang.

Bagi sepeda motor jenis adventure, peranti ini sangat dibutuhkan, dimana roda depan akan membantu tunggangan menapak tanah, melewati rintangan yang terjal lebih cepat dan mencengkeram.

Energi pada motor listrik yang dipasangkan pada roda depan itu didapat saat kendaraan menggunakan rem untuk mengisi ulang baterai. Wunderlich mengklaim, roda depan yang dipasang peranti ini sanggup menarik motor 20 kpj meski mesin sedang mati.

Sayang, Wunderlich hanya mengatakan dalam siaran persnya, bahwa ini masih berupa konsep. Belum ada tanda-tanda perusahaan asal Jerman itu mengembangkan ke taraf lebih lanjut yakni memproduksi massal dan menjualnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com