Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tujuh Motor Baru yang Siap "Meledak” di 2016

Kompas.com - 16/12/2015, 17:30 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Lembaran 2015 akan ditutup dalam beberapa hari ke depan. Puluhan sepeda motor baru sudah menghiasi tahun ini, dan cukup ampuh ”mengobati” lesunya pasar akibat pelemahan ekonomi global.

Lantas, bagaimana tahun depan? Sudah pasti puluhan model juga akan kembali bermunculan, tapi setidaknya ada beberapa yang ditunggu para biker.

KompasOtomotif berusaha menggali informasi dari berbagai sumber terkait tentang kemunculan model-model itu. Semuanya sudah dipastikan bakal hadir, lalu dianggap berpotensi untuk menjadi pusat perhatian karena beberapa hal. Berikut model-model tersebut:

1. Honda CBR250RR. Ini dia masterpiece yang dipastikan sumber di PT Astra Honda Motor bakal meluncur tahun depan. Dipamerkan dalam bentuk konsep bernama Light Weight Super Sports Concept di Tokyo Motor Show 2015, desainnya sangat agresif dan di luar dugaan. Kepastian lain, mesin menggunakan konfigurais dua silinder, berteknologi twin cam.

2. Yamaha MT-15. Sepeda motor ini juga menjadi salah satu yang dinanti. PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing memastikan model bermesin 150 cc ini akan berdampingan dengan V-Ixion, bukan sebagai pengganti. Masih simpang siur soal nama, namun di Thailand suda meluncur dengan nama M-Slaz.

3. BMW G310R. Hasil kolaborasi antara BMW Motorrad dan TVS itu menghasilkan sepeda motor kelas menengah dengan desain yang ”sangat cadas”. Distributor sepeda motor BMW di Indonesia juga sudah memastikan kehadirannya tahun depan, namun tidak ada kepastian soal timing tepatnya. Tunggangan ini meinggalkan rasa penasaran, terutama dari sisi harga jual.

4. Suzuki Satria 150 injeksi. Meski PT Suzuki Indomobil Sales Divisi roda 2 menutupi kehadirannya, namun beberapa penggiat blog sudah memergoki model ini sedang syuting iklan. Artinya, peluncuran tinggal menunggu waktu, dan memang Satria butuh penyegaran agar tetap menjadi idola di model ayam jago.

5. Kawasaki Z125. Model ini akan membuka segmen pasar baru. Itu karena pesaingnya, Honda Grom atau MSX 125 yang berdimensi sama kecil tak dihadirkan di Indonesia. Cukup menarik melihat sepak terjang model ini tahun depan.

6. Yamaha Fino 125. Skutik bertampang retro ini dikabarkan naik kelas, meninggalkan mesin 110 cc ke 125 cc. Saat naik kapasitas mesin, Fino akan tetap bersaing keras dengan andalan Scoopy yang masih menjadi salah satu lumbung penjualan Honda.

7. Kawasaki W800. Selalu ada hati untuk sepeda motor bertampang retro. Model ini akan menjadi salah satu wakil yang dinanti kehadirannya tahun depan. PT Kawasaki Motor Indonesia memang masih tuutp mulut, namun sumber-sumber sudah menyebut model ini siap meluncur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com