Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paten BMW X1 Versi 7-penumpang Bocor

Kompas.com - 27/12/2015, 07:21 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Shanghai, KompasOtomotif – Paten generasi kedua SUV paling kecil BMW, X1, dengan jarak roda lebih panjang (long wheelbase) diketahui telah didaftarkan di China. Meski belum ada keterangan pasti, bisa jadi inilah bentuk X1 versi 7-penumpang.

Dari foto-foto yang disiarkan PCauto.com.cn, Kamis (24/12/2015), pembeda dibanding model standar bisa dilihat dari desain pintu tengah yang memanjang dan punya tambahan jendela kaca samping, tepatnya pada pilar C.

Spesifikasi standar X1 hanya mempu menampung 5-penumpang di dalam bodi yang dirancang di atas wheelbase 2.670 mm. Bila ingin menambah jok baris ketiga, setidaknya wheelbase “ditarik” 100 mm.

Membuat X1 muat 7-penumpang bukan berarti tanpa tangangan. Dinilai dari desain pilar D ada kemungkinan tidak banyak ruang kepala, spekulasi yang beredar mengatakan jok tambahan cuma muat mengakomodasi anak kecil. Masalah lain tentu, kapasitas bagasi semakin sempit.

X1 long wheelbase diprediksi meluncur pada pertengahan 2016. Belum diketahui apakah model ini produk global atau hanya dijual khusus di China.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com