Cara Inspiratif Komunitas Motor Kumpulkan Rp 570 Juta

Kompas.com - 22/12/2015, 08:39 WIB
Lelang buku edisi khusus oleh BBMC yang berhasil mengumpulkan dana Rp 570 juta. BBMCLelang buku edisi khusus oleh BBMC yang berhasil mengumpulkan dana Rp 570 juta.
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif – Kegiatan unik dan inspiratif terus ditunjukkan komunitas Bikers Brotherhood Motorcycle Club (BBMC) Indonesia. Terbaru, kumpulan pengguna sepeda motor tua terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara itu menggelar lelang buku edisi khusus, dan berhasil menggalang dana bernilai fantastis, Rp 570 juta.

Inilah salah satu kegiatan komunitas untuk mempertahankan lima azas dasar yang dianut, yakni Respect, Loyal, Honor, Pride, Brotherhood. Dengan lima azas itulah, BBMC hidup dan berkembang sejak 13 Juni 1988 hingga sekarang dengan ribuan anggotanya.

Buku yang dilelang adalah salah satu rekaman pemberontakan sosial yang dilakukan BBMC, disiratkan melalui buku ”Inside Loooking Out - Outside Looking in”, disusun oleh Chef Haryo Pramoe dan Dwi Aryo.

Melalui buku yang dibuat terbatas, pembaca akan dibawa untuk larut dalam memaknai kehidupan sebuah klub motor yang tumbuh dari kesetiaan, saling menghormati, dan saling menghargai dan mendidik anggotanya untuk bangga untuk dirinya sendiri serta patuh mengabdi kepada negeri.

Budi Dalton El Presidente BBMC Indonesia dalam acara lelang buku edisi terbatas di Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (19/12/2015), mengatakan bahwa buku ”Inside Looking Out – Outside Looking In” adalah sebuah jendela yang membuka ruang pandang bagi persaudaraan klub di dalam dengan lingkar luar kehidupan masyarakat.

“Buku ini dibuat untuk memaknai arti persaudaraan sesungguhnya dari BBMC dengan tetap mengedepankan pilar-pilar kebanggaan sebagai warga negara Indonesia dan menolak segala bentuk neokolonialisme yang sudah masuk ke sendi-sendi kehidupan masyarakat,” ucap Budi.

Hasil dari lelang buku ini akan mendanai program  Brotherhood for Indonesia melalui enam pilar kegiatannya yakni : Brotherhood Care (social), Brotherhood for Education (pendidikan), Brotherhood for Nature (lingkungan), Brotherhood for Indonesian Culture (budaya) Brotherhood Incorporated (pemberdayaan industry kreatif) dan Brotherhood for Indonesia Conduciv.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam lelang buku tersebut, terkumpul dana sebesar Rp 570 juta yang didapatkan dari delapan buku. ”Jangan dilihat dari nilai materi yang saya berikan, namun ini adalah bentuk penghargaan untuk nilai-nilai persaudaraan dari BBMC yang telah mengajarkan saya selama ini,” kata Samuel, salah satu pemenang lelang yang berhasil memiliki tiga buku edisi terbatas. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.