Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelajari Hal Terpenting Saat Touring

Kompas.com - 14/12/2015, 18:24 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Berkendara beriringan menempuh jarak puluhan, atau bahkan ratusan kilometer sudah menjadi cara khas biker untuk memupuk semangat brotherhood dalam komunitas. Kegiatan yang biasa disebut touring ini memerlukan perencanaan yang matang agar dapat memberikan manfaat positif.

Inilah yang berusaha digali dalam perayaan satu dekade HSX-125 Community (komunitas pengguna Honda Supra X 125), dirangkai dalam agenda Unity Pitstop U-Mild di Buperta Ragunan, Jakarta, (12/12/2015). Mario Iroth, biker Indonesia yang berhasil menjelajah Bandung-Paris diundang untuk memberikan tips terpenting dalam touring.

Mario yang sukses menjelajah via 14 negara dalam Wheel Story 3, mengatakan bahwa perjalanan touring akan menjadi sangat berisiko jika tidak memiliki manajemen yang baik. Tak cuma kondisi sepeda motor yang perlu perhatikan, tetapi biker juga harus melihat hal-hal lebih detil.

HSX 125 Anggota HSX 125 Community dalam acara Unity Pit Stop.
”Manajemen yang baik dimulai dari merancang jadwal kegiatan perjalanan, persiapan rute, peta lokasi, data tentang sarana umum di daerah tujuan, hingga mencatat nomor telepon penting untuk dihubungi ketika situasi darurat. Disadari atau tidak, manajemen perjalanan yang baik akan melatih kita pintar membagi waktu,” ucap Mario.

Ketua Umum HSX-125 Community Akbar Halim Putra, mengatakan bahwa touring memiliki berbagai manfaat positif bagi para anggota komunitas. ”HSX-125 Community dapat mencapai usia 10 tahun salah satunya juga berkat solidaritas yang kami bangun dari puluhan perjalanan touring selama ini,” kata Akbar.

Berawal dari sebuah forum mailing list dengan domain honda-supra-x-125@yahoogroups.com, komunitas ini berkembang sebagai wadah bertukar pikiran serta menjaga tali silaturahmi antara anggotanya di dunia nyata dengan didirikannya komunitas otomotif roda dua ”HSX 125 Community” pada 11 Desember 2005.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com