Mobil Otonomos “Back to the Future” Bisa “Drifting”

Kompas.com - 21/10/2015, 13:41 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

California, KompasOtomotif – Para peneliti dari Stanford University, California, Amerika Serikat, punya ide lain pengembangan otonomos. Beda seperti pabrikan yang mau otonomos bekerja di jalan umum, mereka pilih inovasi lebih menyenangkan, membuat mobil bisa drifting otomatis di sirkuit.

Objek yang digunakan juga menarik, mobil dari film Back to the Future, DeLorean DMC-12. Model dengan ciri khas pintu gullwing ini satu-satunya yang pernah diproduksi oleh DeLorean Motor Company.

Car Advice DeLorean DMC-12 berteknologi otonomos dan bisa "drifting".
Selasa (20/10/2015), DMC-12 dengan teknologi otononmos diperkenalkan. Mobil yang diberi nama Marty seperti karakter yang diperankan Michael J. Fox dalam film ini mampu melibas tikungan dengan aksi drift sambil membakar ban. Aksinya lebih baik ketimbang pebalap manusia sebab sistem komputer bisa mengendalikan batas batas traksi. Selain itu, teknologinya juga bisa menghindari scenario ekstrem kecelakaan.

“Kami bukannya mengembangkan kendaraan otomatis untuk jalanan yang bisa memproduksi awan dari asap putih ban. Walaupun sebenarnya itu keren,” kata professor dari Stanford, Chris Gerdes, seperti dilansir dari Automotive News.

Car Advice DeLorean DMC-12 berteknologi otonomos menggunakan dua motor listrik yang diletakan di bagasi.
Di film, DMC-12 butuh unsur radioaktif plutonium dan tenaga listrik setara kebutuhan pabrik nuklir ukuran kecil 1,21 gigawatt untuk bergerak mengunjungi masa depan. Sementara Marty dirancang sebagai mobil listrik bekerja sama dengan Renovo Motors.

Terdapat dua motor listrik tambahan yang bekerja membantu menggerakan kedua roda belakang seperti layaknya mobil drift. Seluruh pengembangannya memakan biaya 529.000 dollar Amerika Serikat (Rp 7,2 miliar).

Lihat aksinya membakar ban di video berikut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.