Kompas.com - 23/09/2015, 13:04 WIB
Penulis Stanly Ravel
|
EditorAgung Kurniawan

Kakaban, KompasOtomotif - Petualangan epik Daihatsu Terios 7 Wonders selalu memilih tujuh destinasi wisata atau kekayaan alam di seluruh Indonesia setiap tahunnya. Dalam eksplorasi tahun ini yang bertajuk, "Borneo Wild Adventure", ketujuh unit Terios berhasil menyelesaikan semua tujuan yang sejak awal sudah direncanankan di Pulau Kalimantan.

Destinasi terakhir dalam perjalanan tahun ini, adalah indahnya Danau Kakaban di Kalimantan Timur. Lokasi ini boleh dibilang eksotis, karena selain pemandangan yang spektakuler, Anda juga bisa berenang bersama ribuan ubur-ubur yang hidup di danau dengan aman. Ubur-ubur ini jenis yang tanpa sengat, jadi tidak berbahaya bagi manusia.

Meski danau, tapi Kakaban punya air payau yang punya karakter mirip dengan air laut. Danau ini terbentuk dari campuran air hujan berserta rembesan air laut melalui pori-pori tanah.

Stanley Ravel/KompasOtomotif Berinteraksi dengan ubur-ubur di Danau Kakaban, Kalimantan Timur.

Pulau Kakaban sendiri memiliki luas 774,2 hektar, masuk dalam bagian kepulauan Derawan, Kalimantan Timur. Danau ini sudah terbentuk sejak jutaan tahun lalu dengan luas mencapai 5 km persegi.

"Di Pulau ini ada danau yang dikelilingi bakau yang tumbuh liar. Danau ini memiliki air asin yang menurut kebanyakan para penyelam dikarenakan adanya lubang di bagian bawah yang terhubung langsung dengan lautan," ucap Muhadi, petugas Pulau Kakaban kepada KompasOtomotif, (21/9/2015).

Hadirnya Danau Kakaban menjadi pilihan menarik bagi para pengunjung Pulau Derawan. Selain bisa menikmati indahnya hamparan laut biru, para wisata juga bisa langsung berinteraksi dengan ubur-ubur yang ada di dalam Danau Kakaban. (ADV)
 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.