Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembeli Avanza Cari Uang Muka Rendah

Kompas.com - 14/08/2015, 15:29 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif – Bank Indonesia kembali menurunkan aturan besaran uang muka (down payment) untuk kredit kendaraan bermotor. Kebijakan baru itu diyakini diler Toyota, Auto2000 mampu meningkatkan penjualan.

Branch Manager Auto2000 cabang Pramuka Biyouzmal menjelaskan, pembeli Avanza sebagian besar menginginkan uang muka rendah. Meskipun tidak ada diskon, tapi DP rendah, konsumen masih tertarik untuk membeli Avanza dan Veloz.

“Sekarang kita sudah terapkan uang muka 20 persen. Diharapkan bisa mendongkrak penjualan. Tapi harapan pelanggan DP itu masih bisa turun lagi sehingga lebih murah lagi dan lebih mudah untuk membeli mobil,” ungkap Biyouzmal kepada para pewarta otomotif nasional di Jakarta, Jumat (14/8/2015).

Secara keseluruhan, komposisi pembeli Avanza 60 persen memilih sistem pembayaran kredit dan 40 persennya membeli dengan tunai. Oleh karena itu, penurunan uang muka menjadi 20 persen diyakini Biyouzmal mampu menarik minat konsumen.

Avanza lama habis

Untuk ketersediaan unit Toyota Avanza model lawas, Biyouzmal menambahakan, sudah tidak banyak. Di Auto2000 saja hanya tersisa sebanyak 150 unit dan satu tipe, yakni Veloz matik.

“Untuk Veloz matik yang lama ada potongan diskon Rp 15-18 juta. Tidak terlalu besar, karena stoknya juga sudah tidak banyak lagi,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com