Kompas.com - 11/08/2015, 14:02 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif – Modifikasi kendaraan menggunakan lampu HID (High Intensity Discharge) sudah menjadi tren bagi sejumlah orang. Produk aftermarket di pasar aksesori pun sudah menjamur, sehingga masyarakat bisa dengan mudah membelinya.

Beragam tempat atau toko aksesori menawrakan produk lampu HID buat kendaraan roda dua arau roda empat. Salah satunya adalah toko Auto Light and Car Accessories di Pasar Mobil Kemayoran, blok M, nomor 37 Jakarta Pusat.

“Kita menjual beragam lampu seperti HID, LED, Proyektor dan menerima pemasangan di tempat,” ungkap Marsum penjaga toko tersebut saat ditemui KompasOtomotif, Senin (10/8/2015).

Harga yang ditawarkan pun beragam, mulai dari LED yang dijual Rp 50, hingga Rp 1,8 juta untuk proyektor. Lampu seperti HID dijualnya dengan banderol Rp 1,5 juta dan tingkat pencahayaannya pun berbeda-beda.

“Ada yang 6.000 atau 8.000 kelvin, hingga 16.000 kelvin. Tapi kebanyakan orang pasang yang 8.000 kelvin agar tidak terlalu terang. Kita terima pasang untuk mobil dan juga motor,”  kata dia.

Marsum menambahkan, dengan menggunakan lampu HID, pencahayaan saat berkendara apalagi di malam hari akan terlihat lebih jelas. Cukup dengan menggunakan lampu berdaya 6.000 sampai 8.000 kelvin, visibilitas berkendara malam hari akan bertambah.

“Tidak terlalu terang dan juga tidak terlalu redup kalau pilihannya yang 6.000 atau 8.000 kelvin, sehingga tidak membuat pengendara lain merasa silau,” tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.