Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lampu HID Punya Banyak Warna

Kompas.com - 09/12/2009, 16:05 WIB

KOMPAS.com — Teknologi bohlam lampu mobil yang ditawarkan HID kian canggih. Pada produk terbarunya, Premium, pengemudi bisa mengatu temperatur warna (Kelvin) dan juga tingkat pencahayaan (brightness). "Jadi ada dua jenis, satu bisa disetel Kelvinnya, satu lagi bisa disetel watt-nya," papar Toni, pemegang merek HID untuk Premium.

Paket Kelvin adjuster terdiri dari sepasang lampu HID, sepasang ballast dan wiring, ditambah switch dan indikator digital untuk dipasang di dalam kabin. Fungsinya untuk mengatur level temperatur warna. "Tekan tombol switch, pilihannya 5.000K, 6.000K, dan 6.600K," lanjut Toni yang menambahkan bahwa untuk bohlam, produk ini hanya bisa mengaplikasi buatan Phillips.

Berbeda dengan HID brightness, yang satu ini terdiri dari sepasang bohlam (buatan China), ballast normal, berikut switch indikator digital. Ada 5 setelan watt, mulai dari 35, 40, 45, 50, dan 55 watt. Menurut Toni, pengoperasian produk ini sama seperti paket pertama, tinggal pencet saja.

Paket ini sangat cocok untuk kendaraan yang sering masuk-keluar gang kecil karena tingkat terang cahaya bisa disesuaikan dan tidak menyilaukan. Soal harga, paket pertama Rp 2,85 juta, sedangkan paket kedua Rp 2,25 juta. (Rendy)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com