Kompas.com - 05/08/2015, 13:54 WIB
|
EditorLatief

KOMPAS.com — Bayangkan Anda tengah menggagas rencana berkeliling Paris, Perancis. Kunci mobil sudah ada di tangan. Penuh semangat, Anda pun meluncur tanpa jeda.

Sayangnya, jalanan saat itu cukup padat. Ketika bingung mencari arah, tanpa sadar, bumper mobil Anda kena "seruduk" pengendara lain. Tak bisa dihindari, bodi mobil pun penyok dan lecet.

Ternyata, kecelakaan kecil semacam itu sering terjadi di jalan-jalan di Paris. Surga wisata dunia itu memang terkenal sebagai "neraka" bagi para pengemudi mobil.

Ya, jalanan di Paris hampir selalu padat, sedangkan ruas jalannya tak terlalu lebar, bahkan sering kali menanjak dan beralas batu. Mampir di kedai untuk menikmati secangkir kopi pun cukup sulit karena terbatasnya tempat parkir.

Tak aneh, kota berjuluk seribu cahaya itu masuk daftar tempat yang paling membuat pengemudi mobil stres sedunia. Namun, apakah hanya Paris? Tentu saja tidak. Ada beberapa kota dunia lain yang masuk dalam daftar "neraka" bagi para pengendara mobil. Berikut ini ulasannya:

Beijing

Kota berpopulasi hampir 20 juta jiwa itu termasuk kota terpadat di dunia. Hal itu tak terbilang aneh karena Beijing memang merupakan salah satu pusat kegiatan ekonomi, politik, budaya, pendidikan, dan militer di China.

Ternyata, kepadatan penduduk juga turut berimbas pada padatnya jalanan. Betapa tidak. Pemerintah setempat mencatat, ada lebih dari lima juta mobil di Beijing. Tak hanya padat, lalu lintas kendaraan pun kurang terkoordinasi, membingungkan, dan kadang cukup berbahaya bagi pengendara.

Untungnya, kini jumlah mobil di jalan sudah berkurang. Pemerintah telah menerapkan alternatif hari berkendara bagi para pemilik mobil.

Toronto

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.