Sepeda Motor Honda ”Menang Mutlak” di Jawa Barat

Kompas.com - 06/07/2015, 14:39 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Bandung, KompasOtomotif – Sepeda motor Honda masih menjadi pilihan utama penduduk Jawa Barat dan sekitarnya. Menutup semester pertama 2015, PT Daya Adicipta Mustika (DAM) sebagai distributor sepeda motor Honda setempat mengklaim pangsa pasar 71,5 persen. Artinya, hampir sepertiga orang Jawa Barat pakai sepeda motor Honda.

Data penjualan retail Juni 2015, DAM menjual 76.920 unit sepeda motor. Jika dibandingkan dengan Juni 2014, DAM mencatat pertumbuhan sebesar 2,9 persen. Sementara total penjualan semester pertama 2015 tercatat 410.582 unit atau turun 3 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Penjualan pada Juni didominasi tipe matik dengan 66.847 (85,8 persen), diikuti tipe bebek/ cub menyumbang 5.116 unit (7,4 persen), dan tipe sport menyumbang 4.957 unit atau 6.8 persen.

”Meskipun pasar sedang lesu, namun Honda di Jawa Barat mencatat kenaikan market share. Dominasi ini didukung kinerja dan layanan yang sepenuh hati sehingga masyarakat di Jawa Barat memberikan kepercayaannya dengan memilih sepeda motor Honda sebagai kendaraan operasionalnya,” kata Lerri Gunawan, GM Penjualan, Pemasaran, dan Logistik DAM dalam siaran resmi (6/7/2015).

Safari Ramadhan

Pencapaian itu juga didukung oleh berbagai kegiatan penunjang, salah satunya Safari Ramadhan yang bekerjasama dengan PT Astra Honda Motor (AHM). Kegiatan ini diadakan keliling 17 kota di Jawa Barat.

Di sela-sela kegiatan ini yang pertama digelar di Cimahi, Jawa Barat, (4/7/2015), diselipkan pengundian program Gebyar Matik Honda periode 1 Februari-31 Mei 2015, yang diyakini menjadi salah satu pendongkrak penjualan semester pertama.

Sepanjang penyelenggaraan program yang berhadiah ratusan juta termasuk dua unit mobil ini, penjualan tipe matik melonjak sebesar 285.268 unit, atau memberikan kontribusi 85,5 persen dari total penjualan Februari–Mei 2015 sebanyak 333.662 unit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.