Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memahami Transmisi Unik Honda NM4 Vultus

Kompas.com - 25/06/2015, 14:01 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Nusa Dua, KompasOtomotif – Honda NM4 Vultus serasa dilahirkan dalam dimensi dan ruang yang berbeda. Banyak keunikan, mulai dari model hingga fitur. Salah satu yang butuh penyesuaian adalah mengoperasikan sistem perpindahan gigi yang disebut Dual Clutch Transmission (DCT).

DCT merupakan transimisi cerdas yang memadukan perpindahan gigi otomatis dengan dua mode, yakni mode D (Drive) dan mode S (Sport). Tapi kalau ingin lebih terasa sporty, bisa dioperasikan juga secara manual 6-percepatan.

Pertama kali menjalankannya, tombol di setang kanan digeser dari posisi N ke D untuk mode jalan. Di mode ini, kita hanya pasrah dengan kemampuan komputer mendeteksi rpm untuk memindahkan gigi. Ingin lebih galak dengan nafas pendek-pendek, geser tombol ke kiri di posisi S.

Mencoba cara manual, ada tombol lagi, masih di setang kanan, namun posisinya di depan (bagian luar setang). Tekan tombol tersebut, sehingga mode otomatik berpindah ke manual. Apa pun mode yang kita pilih, berikut posisi gigi, ditampilkan pada panel meter layaknya mobil.

AHM KompasOtomotif tidak kesulitan mengendarai NM4 Vultus karena mempunyai posisi berkendara yang nyaman dan membuat pengendara percaya diri.


Untuk memindah gigi, tombol (+) dan (-) ada di setang kiri. Menaikkan gigi ada di setang bagian dalam, sementara menurunkan gigi ada di bagian luar. Meski manual, perpindahan gigi tetap terasa halus dan responsif.

Tenaga

Saat digeber, mesin mesin SOHC 750 cc parallel-twin berpendingin cairan itu menyalak. Tenaga 54 tk @6.250 rpm dan torsi 68 Nm @4.750 rpm didukung oleh desain compact dan bobot yang ringan. Transmisi otomatisnya akan menyesuaikan jika kita butuh tenaga di putaran bawah.

Sensasi kenyamanan didapat dari suspensi belakang Pro-Link yang menyatu dengan Honda Multi Action System (HMAS) dan sistem pengereman 2 channel ABS yang dilengkapi dengan ban tubeless. Ban besar, bodi ringan, handling menawan, tenaga dahsyat, cukup melesatkan NM4 Vultus di berbagai kondisi jalan.

Baca juga: Begini rasanya tunggangi NM4 Vultus

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com