Kompas.com - 18/06/2015, 08:20 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif – Buat siapa saja yang ingin mencari navigasi menuju tol terpanjang di Indonesia, Cikopo-Palimanan (Cipali), perlu menyadari hingga saat ini belum bisa menggunakan perangkat GPS non-internet. Perangkat GPS seperti produk aftermarket atau di head unit mobil belum terbaharui dengan koordinat lokasi tol Cipali.

Salah satu wiraniaga perangkat GPS merek Garmin yang ditemui di Jakarta Fair Kemayoran 2015, Rabu (17/6/2015), menjelaskan, data peta paling lambat akan diperbaharui setiap enam bulan. Ada dua cara mendapatkan data baru untuk Garmin, yakni mendatangi toko terdekat atau mengunduh dari website resmi.

Febri Ardani Tol Cipali di Google Maps.

“Sekarang memang belum ada, tapi dipantau saja terus bisa jadi minggu depan sudah ada,” katanya.

Tol Cipali berjarak 116,75 km, rute ini menghubungkan daerah Cikopo di Purwakarta dengan Palimanan di Cirebon. Jalan bebas hambatan ini baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo pekan lalu, sekarang ruas jalan sedang diuji coba sebelum digunakan sebagian pemudik di Pulau Jawa.

Cara paling efektif mencari lokasi tol Cipali menggunakan aplikasi navigasi mobile yang memakai jaringan langsung internet seperti Google Maps atau Waze. Keduanya bisa disematkan di ponsel berbasis Android atau iOS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.