Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Koordinat Tol Cipali Belum Ada di Perangkat GPS

Kompas.com - 18/06/2015, 08:20 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Buat siapa saja yang ingin mencari navigasi menuju tol terpanjang di Indonesia, Cikopo-Palimanan (Cipali), perlu menyadari hingga saat ini belum bisa menggunakan perangkat GPS non-internet. Perangkat GPS seperti produk aftermarket atau di head unit mobil belum terbaharui dengan koordinat lokasi tol Cipali.

Salah satu wiraniaga perangkat GPS merek Garmin yang ditemui di Jakarta Fair Kemayoran 2015, Rabu (17/6/2015), menjelaskan, data peta paling lambat akan diperbaharui setiap enam bulan. Ada dua cara mendapatkan data baru untuk Garmin, yakni mendatangi toko terdekat atau mengunduh dari website resmi.

Febri Ardani Tol Cipali di Google Maps.

“Sekarang memang belum ada, tapi dipantau saja terus bisa jadi minggu depan sudah ada,” katanya.

Tol Cipali berjarak 116,75 km, rute ini menghubungkan daerah Cikopo di Purwakarta dengan Palimanan di Cirebon. Jalan bebas hambatan ini baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo pekan lalu, sekarang ruas jalan sedang diuji coba sebelum digunakan sebagian pemudik di Pulau Jawa.

Cara paling efektif mencari lokasi tol Cipali menggunakan aplikasi navigasi mobile yang memakai jaringan langsung internet seperti Google Maps atau Waze. Keduanya bisa disematkan di ponsel berbasis Android atau iOS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com