Kompas.com - 15/06/2015, 14:10 WIB
Sensasi berkendara Suzuki Celerio StanlySensasi berkendara Suzuki Celerio
Penulis Stanly Ravel
|
EditorAzwar Ferdian
Sentul, KompasOtomotif - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menggelar media test drive untuk dua model terbarunya, Celerio dan Swift GS, di Sentul City, Bogor, pekan lalu. Meski digelar dalam waktu yang relatif singkat, tapi uji coba ini cukup untuk menjawab rasa penasaran akan Celerio.

Pertama tentu saja tertarik dengan sumber tenaga mesin tiga silinder, 998 cc yang menghasilkan daya 95 tk plus transmisi CVT. KompasOtomotif menyempatkan diri menggeber Celerio sekaligus menguji ketangkasannya dalam bermanuver.

Suara khas mesin tiga silinder terdengar dari balik kap mesin saat mesin dihidupkan, tapi kebisingan suara masih dalam kategori normal pada kondisi idle. Hanya, raungan mesin yang cukup berisik masuk ke dalam kabin saat pedal gas diinjak lebih dalam.

Stanly Mesin Celerio K10B
Tuas CVT dipindah ke posisi D sambil sedikit menekan sedikit pedal gas berteknologi drive by wire. Respon awal terasa cukup baik, bersama empat awak media lain yang ikut di kabin, perjalanan dimulai menelusuri Kawasan Sentul City.

Seperti diketahui, meski dalam ruang lingkup komplek namun jalur berliku dan menanjak di Kawasan Sentul City cukup banyak ditemui. Alhasil, begitu kick-down, tenaga yang keluar cukup spontan begitu pula dengan suara deru mesin khas 3 silinder. Berdasarkan data spesifikasi teknis, mesin Celerio mampu menyemburkan daya 67 tk pada putaran mesin 6.000 RPM, dan torsi puncak mencapai 90 Nm pada putaran 3.500 RPM.

Menghadapi jalur menanjak, dalam kondisi kabin diisi empat orang penumpang, ternyata torsi yang tersedia pada putaran tengah masih mumpuni. Bahkan dalam sebuah kesempatan kecepatan 120 kpj masih mampu diraih, walau sedikit membutuhkan waktu.

Stanly Suzuki Celerio media test drive
Manuver lincah

Meski terbatas waktu dan tempat pengujian, awak redaksi sempat menjajal kelincahan Celerio. Bukan hanya saat menyusul beberapa kendaraan, tapi juga bermanuver pada kecepatan tinggi saat melintasi beberapa tikungan tajam.

Bermodalkan bodi mungil dan ramping, Celerio cukup lincah untuk diajak meliuk. Kemampuan radius putar 4,7 meter, membuat mobil kota ini mudah untuk diajak berbelok bahkan memutar balik. Ini bisa dijadikan rekomendasi bagi yang mencari mobil lincah untuk perkotaan. Ayunan suspensi tergolong halus sehingga memberikan rasa nyaman saat melintas jalan bergelombang dan rusak.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.