Sepeda Motor Listrik Zero Bisa Diadu dengan Moge

Kompas.com - 18/12/2014, 12:19 WIB
Zero SR ZF11.4 bisa berakselerasi dari diam ke 100 kpj cuma 3,3 detik. KompasOtomotif-Donny AprilianandaZero SR ZF11.4 bisa berakselerasi dari diam ke 100 kpj cuma 3,3 detik.
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif – Sepeda motor listrik Zero yang sudah memproklamirkan datang ke Indonesia membawa segudang bekal. Salah satu yang membuat PT Garansindo Technologies percaya diri adalah kemampuan akselerasi yang sangat cepat. Karakter tanpa transmisi dan mengeluarkan tenaga seketika bisa melesatkan tunggangan asal Amerika Serikat ini dengan sekejap.

Dalam test ride untuk media di Jakarta, (17/12/2014), Dhani M Yahya, Managing Director Garansindo Technologies, menyatakan bahwa Zero Motorcycles masuk dalam kategori sepeda motor besar premium. Performanya bisa diadu dengan moge bermesin konvensional, terutama soal kecepatan.

”Kalau dilihat akselerasinya bisa sebanding dengan sepeda motor 1.000-1.200cc. Karena saat handel diputar, seketika torsi berlimpah keluar dan terus linear tanpa jeda. Hal ini bisa dilihat dari catatan spesifikasi yang menyebutkan waktu tempuh berakselerasi 0-100 kpj,” ujar Dhani.

Pembanding
Dhani lantas berani menyebutkan Ducati Panigale 1199 sebagai pembanding. Untuk berakselerasi, Zero model SR ZF11.4 tidak kalah, bahkan lebih cepat. Karakter mesin listrik yang memiliki torsi besar diklaim terasa saat akselerasi awal.

Di atas kertas, tenaga dan torsi sepeda motor listrik memang kalah besar. Namun torsi bisa mencapai titik puncak jauh lebih awal. Ini yang membuat sepeda motor listrik bisa ”ngacir” lebih cepat, khususnya di awal pengetesan.

Data resmi Zero Motorcycles menunjukkan, waktu tempuh 0-100 kpj mampu diraih dalam waktu kurang dari 3,5 detik untuk model SR ZF11.4. Sedangkan rata-rata waktu tempuh 0-100 kpj untuk model lainnya dapat diraih dalam waktu kurang dari 5,5 detik.

Bandingkan dengan Panigale 1199 atau Yamaha R1 yang rata-rata akselerasi dari 0-100 kpj ditempuh lebih dari 4 detik, bahkan 5 detik. Berarti angka itu sama dengan rata-rata sepeda motor listrik Zero.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X