Kompas.com - 03/12/2014, 16:30 WIB
GPS Super Spring buat sepeda motor Donny Apriliananda/KompasOtomotifGPS Super Spring buat sepeda motor
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif – Global Positioning System (GPS) yang dilengkapi dengan sistem untuk melacak kendaraan (tracker) sedang naik daun. Tren meningkat, seiring dengan mulai kesadaran masyarakat akan teknologi, serta dukungan koneksi internet yang terus mengalami perbaikan.

Faktor pendukung lain yang menjadi pemicunya adalah kebutuhan perusahaan untuk mengontrol setiap kendaraan operasional. Kondisi keamanan (banyaknya pencurian) yang dinilai semakin merajalela juga membuat GPS tracker (pelacak) semakin dibutuhkan.

”Tren sedang ’gila’. Pemasangnya bukan cuma perusahaan pada mobil operasional, tren pemakaian untuk kendaraan pribadi justru berkembang lebih pesat. Kalau dilihat dari data kami sendiri, prosentasenya 60:40, lebih banyak untuk penggunaan pribadi,” ujar Alamsyah, Head of Bussiness Development PT Super Spring, produsen GPS, Selasa (2/12/2014).

Garansi kelistrikan
Ditambahkan, pertumbuhan penggunaan alat ini mencapai 25 persen dalam setahun terakhir. Ketika perekonomian semakin baik, banyak perusahaan bermunculan. Sementara itu, bisnis perlu pengawasan.

”Di ranah korporasi, GPS tracker menjadi kebutuhan primer. Kalau individual, jadi kebutuhan sekunder. Misalnya bisnis ekspedisi, ketepatan waktu mempunyai nilai jual cukup tinggi, begitu juga dengan keamanan dan kejujuran pegawai,” kata Alamsyah.

Menariknya, pertumbuhan paling cepat justru ada pada pengguna pribadi. Alamsyah menjelaskan, bahkan banyak pengguna mobil yang rela kehilangan garansi kelistrikan untuk memasang alat ini.

”Ketika seseorang menilai keamanan lebih penting, mereka berani ambil keputusan ini meski ada di segmen tertentu. Tapi semua menjadi pilihan konsumen, karena ada beberapa fitur pada alat pelacak yang tidak diaktifkan agar tidak menghilangkan garansi,” terang Alamsyah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.