Cara Astra International Majukan Dunia Pendidikan

Kompas.com - 24/10/2014, 09:40 WIB
Penyerahan sekolah bantuan dari Astra International di Pacitan. Astra InternationalPenyerahan sekolah bantuan dari Astra International di Pacitan.
|
EditorAris F. Harvenda

Pacitan, KompasOtomotif – PT Astra International Tbk melalui Yayasan Pendidikan Astra-Michael D Ruslim (YPA-MDR), menyerahkan 5 gedung SD Negeri hasil renovasi, 1 gedung SMP Negeri, dan 1 rumah pintar di Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Pacitan.

Dari siaran resmi yang diterima KompasOtomotif (23/10/2014), acara seremonial dilakukan Rabu (22/10/2014), berupa penyerahan sekolah beserta sarana pendukungnya oleh Direktur PT Astra International Tbk Paulus Bambang Widjanarko Santoso kepada Bupati Pacitan H. Indartato.

Bantuan program dari PT Astra International Tbk melalui YPA-MDR kepada 6 sekolah binaan di Kecamatan Donorojo Pacitan ini sudah dimulai sejak Juni 2012 untuk 5 SD Negeri, yaitu SDN Kalak 1, SDN Kalak 2, SDN Widoro2, SDN Sendang 1 dan SDN Sendang 3. Kemudian, November 2012, bantuan juga diberikan kepada sekolah binaan SMPN 2 Donorojo.

Sejak Oktober 2013, dilakukan renovasi bangunan sekolah untuk enam sekolah tersebut dan pembangunan 1 rumah pintar di Desa Sekar Donorojo.

Bantuan yang diberikan kepada sekolah-sekolah binaan tersebut berupa pelatihan dan pembinaan akademis, pembinaan pembiasaan nilai agar menjadi karakter disiplin, hormat, bersih, dan respek. Lalu ada juga pembinaan kecakapan hidup, pembinaan Unit Kesehatan Sekolah (UKS) serta perpustakaan, dan pembinaan seni dan budaya.

Bantuan atau donasi sarana prasarana, yaitu sarana fisik yang dapat menunjang Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dan sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Pendidikan.

Sampai saat ini, YPA-MDR, sudah melakukan pembinaan pada 50 sekolah negeri, yaitu 38 SD, 10 SMP dan 2 SMK yang keseluruhannya mempunyai 10.839 siswa dan 835 pendidik dan tenaga kependidikan. ”Sumbangsih ini merupakan perwujudan filosofi Astra menjadi aset yang bermanfaat bagi bangsa dan negara serta corporate aim Astra, yaitu sejahtera bersama bangsa yang dilakukan melalui YPA-MDR,” kata Paulus usai seremoni penyerahan bantuan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.