Kompas.com - 24/09/2014, 13:32 WIB
Kia Pride alias Rio sedan pada IIMS 2014. Febri ArdaniKia Pride alias Rio sedan pada IIMS 2014.
|
EditorAris F. Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif – Kia Pride alias Rio punya dua tipe bodi, yakni hatchback (3 dan 5 pintu) dan sedan. Keduanya dipasarkan di Tanah Air, Kia Mobil Indonesia (KMI) mengatakan hatchback 5-pintu lebih digemari, sedangkan untuk sedan kini ditujukan buat konsumen fleet salah satunya perusahaan taksi.

“Sedan kena pajak lebih tinggi, sebab itu orang lebih pilih hatchback, itu wajar. Semua sudah bisa didapatkan di hatchback, tapi kita masih terbuka untuk sedan taksi,” ujar Direktur Pemasaran Hartanto Sukmono, di stan Kia pada IIMS 2014, Senin (22/9/2014).

Selain beda tipe bodi, hatchback dan sedan Rio di Indonesia juga lain spesifikasi. Disebutkan, sedan telah disesuaikan untuk kebutuhan taksi. Beberapa perbedaan antara lain tak punya lampu kabut, buka tutup kaca untuk penumpang belakang mengunakan engkol, airbag hanya untuk pengemudi, dan minus fitur lain.

Ridjal Mulyadi, Marketing Communication Manager KMI menambahkan, Rio sedan tak bisa ditemui di dealer-dealer resmi Kia. “Kami masih menjual sedan untuk umum, tapi pada dasarnya kita tidak lempar ke dealer, tapi kalau ada yang mau pesan bisa. Cuma hanya spek taksi,” ujar Ridjal.

Hartanto mengungkapkan, KMI sedang mengembangkan segmen fleet, sebelumnya sudah ada Cerato untuk taksi dan Travello untuk kendaraan wisata atau ambulance. Namun bila mengamati data wholesales Gaikindo, penjualan KMI untuk taksi terakhir hanya terekam pada 2013, yakni 177 unit Cerato sementra itu tak ada lagi catatan penjualan Travello.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.