Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kia Hanya Jual Sedan Rio Untuk Taksi

Kompas.com - 24/09/2014, 13:32 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Kia Pride alias Rio punya dua tipe bodi, yakni hatchback (3 dan 5 pintu) dan sedan. Keduanya dipasarkan di Tanah Air, Kia Mobil Indonesia (KMI) mengatakan hatchback 5-pintu lebih digemari, sedangkan untuk sedan kini ditujukan buat konsumen fleet salah satunya perusahaan taksi.

“Sedan kena pajak lebih tinggi, sebab itu orang lebih pilih hatchback, itu wajar. Semua sudah bisa didapatkan di hatchback, tapi kita masih terbuka untuk sedan taksi,” ujar Direktur Pemasaran Hartanto Sukmono, di stan Kia pada IIMS 2014, Senin (22/9/2014).

Selain beda tipe bodi, hatchback dan sedan Rio di Indonesia juga lain spesifikasi. Disebutkan, sedan telah disesuaikan untuk kebutuhan taksi. Beberapa perbedaan antara lain tak punya lampu kabut, buka tutup kaca untuk penumpang belakang mengunakan engkol, airbag hanya untuk pengemudi, dan minus fitur lain.

Ridjal Mulyadi, Marketing Communication Manager KMI menambahkan, Rio sedan tak bisa ditemui di dealer-dealer resmi Kia. “Kami masih menjual sedan untuk umum, tapi pada dasarnya kita tidak lempar ke dealer, tapi kalau ada yang mau pesan bisa. Cuma hanya spek taksi,” ujar Ridjal.

Hartanto mengungkapkan, KMI sedang mengembangkan segmen fleet, sebelumnya sudah ada Cerato untuk taksi dan Travello untuk kendaraan wisata atau ambulance. Namun bila mengamati data wholesales Gaikindo, penjualan KMI untuk taksi terakhir hanya terekam pada 2013, yakni 177 unit Cerato sementra itu tak ada lagi catatan penjualan Travello.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com