Ford dan GM Digugat karena Punya Fitur Penyimpan Lagu

Kompas.com - 04/08/2014, 15:05 WIB
Sistem audio pada Chevrolet Volt 2013 MotortrendSistem audio pada Chevrolet Volt 2013
|
EditorAris F. Harvenda
Detroit, KompasOtomotif - Aliansi Seniman dan Perusahaan Rekaman (AARC), Amerika Serikat, melayangkan gugatan kepada dua raksasa otomotif AS, Ford dan General Motors (GM). Gugatan ini diajukan karena perangkat lunak dalam sistem audio Ford dan GM, bisa menyimpan isi dari CD.

AARC mengklaim bahwa fitur "Jukebox" milik Ford dan "Hard Drive Device" punya GM, memungkinkan pengguna untuk menyalin isi CD. Fitur ini dianggap bertentangan dengan undang-undang hak cipta yang berada di bawah perlindungan Audio Home Recording Act (AHRA).

Dengan fitur tersebut, baik Ford dan GM dianggap harus membayar royalti atas kemungkinan pembajakan isi CD. Selain itu, Denso dan Clarion, sebagai perusahaan penyedia unit audio tersebut, juga akan mendapat gugatan yang sama.

Seperti ditulis Forbes, Senin (4/8/2014), AARC menutut pembayaran sebesar 2.500 dollar AS (Rp 29,35 juta), untuk setiap perangkat yang terpasang pada kendaraan yang sudah terjual. Model Ford dan GM yang punya alat bajakan ini adalah Lincoln MKS, Ford Explorer, Ford Taurus, Buick LaCrosse, Cadillac SRX, Chevrolet Volt, dan GMC Terrain.

Masalah pembajakan hak cipta, khususnya di bidang musik dan film sudah lama terjadi di AS. AHRA berdiri sejak 1992, ketika perusahaan rekaman menyadari bahwa kaset atau CD dapat disalin secara identik dengan beragam cara. Pembajakan ini bisa menyebabkan perusahaan rekaman dan artis mengalami kerugian ratusan juta dollar AS.



Sumber Forbes
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X