Rahasia All-New Navara Lebih Ramah Lingkungan

Kompas.com - 24/07/2014, 08:41 WIB
Nissan All-New Navara. Febri ArdaniNissan All-New Navara.
|
EditorAris F. Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif – Motokatsu Tsuruhama, Manager Diesel Engine Product Development Group Nissan Motor Co., Ltd (NML) mengungkapkan, All-New Navara yang akan dipasarkan di Indonesia punya spesifikasi khusus yang membuatnya bisa meneguk bahan bakar diesel berkualitas buruk namun mempertahankan emisi gas buang tetap rendah.

Sebagai basis produksi, Thailand memproduksi model standar All-New Navara sesuai EURO4. Namun disadari ada beberapa pasar yang belum memenuhi ketentuan tersebut, seperti Filipina, Vietnam, Nepal, berbagai negara Timur Tengah, dan termasuk Indonesia. Kelompok ini masih menggunakan EURO2.

Tsuruhama mengatakan, perbedaan ada di saluran pembuangan, yakni pada Exhaust Gas Recirculation (EGR). Sistem EGR merupakan teknik yang biasa digunakan di mesin diesel ataupun bensin untuk mengurangi kadar emisi dengan cara mengembalikan sebagian gas buang ke silinder mesin.

“Untuk Indonesia, material housing EGR yang bertugas mengurus sirkulasi, dibuat dari iron (baja) bukan alumunium seperti yang lain. Bahan itu mampu menahan 'serangan' bahan bakar diesel yang buruk,” terang Tsuruhama selepas Global Media Test Drive di Chiang Mai, Thailand, Rabu (23/7/2014).

Penjelasan teknis lebih detail tidak dibeberkan, namun gambarannya, walaupun dalam kondisi terberat dan kesulitan mencari Pertamina DEX, bio solar pun bisa digunakan. 

All-New Navara hanya punya satu pilihan mesin, diesel YD25DDTi, berkapasitas 2.488 cc 4-silinder segaris, DOHC, dan VGS Turbo intercooler. Tsuruhama juga mengklaim, perubahan tersebut tidak memengaruhi performa mesin dalam takaran tenaga dan torsi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.