Yamaha R15 dan R25 Pengaruhi Pasar Sepeda Motor Sport Bekas

Kompas.com - 09/06/2014, 17:14 WIB
Deretan sepeda motor bekas yang ditawarkan di Duta Motor, Senin (9/6/2014).  Febri ArdaniDeretan sepeda motor bekas yang ditawarkan di Duta Motor, Senin (9/6/2014).
|
EditorAris F. Harvenda
Jakarta, KompasOtomotif– Pengaruh lahirnya Yamaha YZF-R15 dan YZF-R25 di pasaran, langsung berdampak pada pembelian sepeda motor bekas (motkas) jenis sport. Indikasi utamanya, motkas sport kini lebih lama laku dari biasanya.

Duta Motor, salah satu dealer motkas, di Pamulang Barat, Tangerang Selatan, mengungkapkan, biasanya sepeda motor seperti Suzuki Satria F, Yamaha Byson dan Yamaha V-ixion, Honda CBR150R, dan CBR250R, serta Kawasaki Ninja 250FI, butuh waktu di bawah sebulan sebelum dipinang konsumen. Namun kini butuh lebih dari dua bulan hingga laku.

“Ini efek dari banyaknya sepeda motor baru yang lahir di pasaran, terutama R15 dan R25. Mempengaruhi minat beli, terlebih lagi harganya memang terjangkau, konsumen pilih menunggu,” ujar Udin, salah satu penjaja dari Duta Motor, Senin (9/6/2014).

Penjualan motkas sport pun menurun, di Duta Motor setiap bulan bisa 10 unit laku, tapi kini hanya 5 unit. “Sedang kurang bergairah, motkas sport tetap dibeli orang, tapi waktunya saja semakin lama,” imbuh Udin.

Hal serupa juga diungkapkan Ricky Yohanes, Pimpinan Setia Kawan Motor (SKM), salah satu dealer motkas di daerah Depok. Kendati tidak banyak menjual sepeda motor sport (sekitar 4-5 unit per bulan), performanya diakui memang tidak sebagus tahun lalu.

“Konsumen pembeli motkas sport terutama 250 cc itu termasuk kelas atas. Jadi mereka lebih memilih membeli unit baru ketimbang bekas,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.