Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

EcoSport Calon Tulang Punggung Baru Ford Indonesia!

Kompas.com - 17/03/2014, 14:26 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Hua Hin, KompasOtomotif — Belum juga resmi dijual, EcoSport sudah mengantongi lebih dari 1.000 pemesan sejak mulai dipamerkan ke konsumen, pertengahan Januari lalu. Artinya, rata-rata sebulan SUV kompak untuk kaum urban itu terjual 500-an unit. Tentu, ini harapan baru untuk PT Ford Motor Indonesia (FMI).

Jika ditengok dari data Gaikindo, dalam dua bulan pertama 2014, Ford di Indonesia hanya menjual 338 unit pada Januari dan 265 unit pada Februari. Sumbangan terbesar dipasok New Fiesta yang rata-rata sebulan lebih dari 130 unit yang terjual. Sisanya disumbang oleh Ranger dan Focus. Jika performa pemesanan EcoSport terus berada di angka 500-an unit, berarti mobil ini akan menjadi tulang punggung selanjutnya.

Adapun Managing Director FMI Bagus Susanto mengaku optimistis dengan model ini, seiring dengan sejumlah teknologi yang tertanam. ”Sebagian besar teknologi itu pertama diterapkan di kelasnya. Dan, segmen ini tumbuh seiring dengan kebutuhan masyarakat akan mobil dinamis untuk perkotaan,” terangnya di sela test drive EcoSport di Hua Hin, Thailand, Sabtu (15/3/2014).

Kampanye sukses
Tanda-tanda akan melambungnya SUV kompak ini sudah ada sejak beberapa waktu lalu ketika FMI menggelar kampanye EcoSport Urban Discovery. Dalam program ini, masyarakat diajak mencari tempat-tempat menarik di seputar kota. Hadiahnya yaitu memenangi satu unit Ford EcoSport jika tempat yang direkomendasikan juga banyak disukai.

Dari kampanye ini, ada 1.680 cerita dan rekomendasi tempat menarik yang masuk ke FMI. Registrasi untuk masuk mencapai 18.739 orang. Web page Ford pun semakin banyak dibuka oleh masyarakat dengan pengunjung yang meningkat menjadi 39.899 orang. Fans Facebook pun bertambah menjadi total 10.729 orang yang ”like”. Sementara jumlah kunjungan ke program kampanye mencapai 127.411 orang.

”Semua indikator itu menunjukkan antusiasme masyarakat terhadap Ford EcoSport. Kalau menjadi tulang punggung, lihat nanti saja. Yang jelas, kami ingin menjual sebanyak-banyaknya dengan produk unggulan sesuai konsep One Ford,” kata Bagus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com