Kompas.com - 03/03/2014, 16:04 WIB
Logo Volkswagen AutoevolutionLogo Volkswagen
|
EditorAris F. Harvenda

Wolfsburg, KompasOtomotif – Keinginan grup Volkwagen melahirkan brand mobil murah menuai perdebatan internal, terkait soal standarisasi perakitan kendaraan. Autocar, pekan lalu melansir keterangan salah satu sumber dalam perusahaan yang menjelaskan, pabrikan asal Jerman tersebut tengah galau menentukan anggaran yang pas agar sesuai dengan keinginan petinggi senior tentang level kualitas dan keamanan berkendara.

Mobil murah tengah digandrungi di negara berkembang. Nissan memperkenalkan reinkarnasi Datsun tahun lalu, Renault telah membangkitkan kembali Dascia pada 1999, dan General Motor baru saja memperkenalkan Baojun di China.

Volkswagen juga tergiur, namun hasil pertemuan masih gelap, belum ada keputusan hingga sekarang. Pabrikan yang bermarkas di Wolfsburg itu ingin sesuatu buat negara berkembang, berbeda dengan merek Skoda untuk pasar Eropa Barat. Status proyek itu kini “dipertimbangkan”, alih-alih dinyatakan tunda atau batal.

Keterangan lain, teknisi Volkswagen dikatakan tertarik dengan kreasi kompetitor, seperti Suzuki, yang mampu menciptakan model bawah berkualitas tanpa meningkatkan ongkos produksi. Brand mobil terjangkau Volkswagen dituju ke pasar seluruh dunia, termasuk China, India, Asia, Eropa Barat, Amerika Latin, dan Afrika.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.