Avanzanation Journey 2014 [Timur]

Toyota Layani Konsumen Hingga Pelosok Merauke

Kompas.com - 13/02/2014, 17:11 WIB
|
EditorAris F Harvenda

Merauke, KompasOtomotif – Kondisi geografis dan infrastruktur yang masih belum memadai di Merauke, Papua, menjadi tantangan tersendiri buat konsumen Toyota, yang ingin mendapatkan layanan perawatan dan perbaikan kendaraan. Atas alasan itulah hadir layanan Toyota Home Service yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia.

"Melalui program THS ini kami bisa melayani konsumen di daerah yang jauh dari dealer, dan selalu bisa dilayani dengan baik. Banyak daerah tidak bisa terjangkau lewat jalur darat karena jembatan terputus, tapi ada banyak cara menjangkau mereka,” ungkap Widyawati Soedigdo, General Manager Corporate Planning and Public Relation Toyota Astra Motor, kepada KompasOtomotif di sela gelaran Avanzanation Journey Wilayah Timur.  

Edward Lontoh, GM Marketing Hasjrat Abadi (kelompok dealer Toyota di wilayah Timur Indonesia) menuturkan, pihaknya tetap berkomitmen melayani konsumen Merauke, bahkan telah menjalankan program "jemput bola" seperti THS. Dijelaskan, Hasjrat Abadi Merauke berstatus 3S (penjualan, servis, suku cadang), layanan konsumen tidak hanya dilakukan di dealer, tapi juga di beberapa lokasi terpencil seperti Mappi, Asiki, dan Tanah Merah.  

Komunikasi dengan pelanggan kerap dilakukan untuk memantau sekaligus mendiskusikan masalah. Jika kesepakatan telah ditemui, mekanik beserta suku cadang akan segera dikirimkan. “Kita bisa janjian bertemu dengan konsumen dan mobilnya di pelabuhan, atau bila sangat terdesak (dalam kasus-kasus khusus), mekanik kita terbangkan langsung ke lokasi,” ungkap Edward.

Bahan Bakar
Djoko Pidesko, Service Manager Hasjrat Abadi menjelaskan, masalah umum yang sering ditemui di bengkel terkait sistem injeksi. “Mobil pelanggan sering sekali digunakan berpergian ke daerah terpencil, masalahnya mereka sering menggunakan bahan bakar yang dijual di pinggir jalan. Akibatnya injektor sering kotor bahkan mampat,” tukas Djoko.

Dealer Toyota satu-satunya di wilayah Merauke itu sangat sibuk melayani konsumen. Setidaknya 15 mobil mengantre servis setiap harinya. Namun proses pengerjaan bisa dilakukan dengan cepat sebab setiap mekanik memiliki kemampuan melakukan quick maintenance.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.