Tematis Interior

Kulit Sintetis: Harga Terjangkau dan Mudah Dirawat

Kompas.com - 04/01/2014, 08:37 WIB
Kabin Toyota Innova Aris F. HarvendaKabin Toyota Innova
|
EditorZulkifli BJ
Jakarta, KompasOtomotif - Kenyamanan dambaan banyak pemilik mobil dan banyak cara untuk mendapatkannya. Salah satunya mengganti lapisan interior, khususnya jok, tempat pengemudi dan penumpang menghabiskan seluruh waktunya naik mobil.  
 
Eppi, pemilik rumah modifikasi PADI Car Leather Seat menuturkan, bagi pemilik MPV, lebih baik mengganti lapisan interior dengan kulit sintetis ketimbang kulit asli. "Kulit sintetis lebih mudah dibersihkan! Biasanya jok sering kotor kalau ada anak kecil," jelasnya kepada KompasOtomotif.

Ditambahkan, noda pada lapisan sintetis lebih mudah dihilangkan hanya dengan menggunakan kain bersih. Juga bisa dicuci dan dijemur sebagai perawatan rutin. Sedangkan kulit menuntut banyak perhatian. 

Kendati demikian, untuk kenyamanan, kulit jauh lebih baik daripada sintetis. Permukaan kulit punya pori-pori, berfungsi sebagai sirkulasi udara sehingga empuk saat diduduki. 

 
"Saat AC dinyalakan waktu diparkir di tempat panas, interior yang menggunakan kulit lebih cepat dingin daripada sintetis. Wangi kulit juga khas," imbuh Eppi.

Dijelakan, kuilit sintetis lebih fungsional. Kini, kualiasnya juga makin baik dan banyak "menyerupai" kulit asli dengan umur pakai 2-4 tahun, sedangkan kulit cuma bertahan 1,5-3 tahun.

Harga juga berbeda jauh. Kulit asli sampai puluhan juta sementara sintetis terbaik hanya 3-4 juta, termasuk ganti busa dan pemasangan sampai baris ketiga.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X