Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tematis Audio

"One Stop Entertainment System" di Mobil

Kompas.com - 29/12/2013, 10:15 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Mobil tak hanya dipakai sebagai sarana transportasi. Apalagi di kota besar, banyaknya waktu yang dihabiskan dalam mobil membuat banyak orang memodifikasi sistem hiburan jadi lebih ”pro” dan serba lengkap. Kualitas suara sudah pasti nomor satu, tapi banyak juga yang menambahkan sarana hiburan lain untuk keluarga. (ilustrasi) hiburan lengkap dalam mobil, bisa mengakomodasi seluruh keinginan.

Bagi pengusaha aksesori, terutama audio dan sistem hiburan mobil, ini adalah berkah. Tak terkecuali Bernard Maniagi, pemilik Abadi Jaya Audio, toko khusus aksesori mobil di Pasar Inpres Otomotif Duren Sawit, Jakarta Timur. Katanya, semakin hari semakin banyak orang yang menambah aksesori hiburan.

”Sekarang pengguna mobil menghabiskan waktu di jalan. Semacam memindahkan home theatre dari rumah ke mobil. Malah lebih lengkap. Banyak alternatif, terutama untuk kebutuhan visual seperti televisi, video, dan permainan,” terang Bernard kepada KompasOtomotif, Sabtu (28/12/2013).

So
, apa saja sarana hiburan visual yang bisa ditambahkan dalam mobil? Ini dia rentetannya!

1. Sandaran kepala plus monitor. Mudah sekali ditemui di toko aksesori. Kini penentuannya tinggal soal bujet yang tersedia. Belakangan sudah ada monitor headrest yang sekaligus mampu memutar DVD, membaca USB, memory card, dan dipakai sebagai game konsol. Kisaran harga mulai Rp 1-3 juta.

2. TV atap, untuk penumpang belakang. Biasanya ukuran layar untuk atap ini lebih besar, yakni 9 inci. Berbagai jenis disediakan, sama seperti monitor headrest. Bisa dipasang independen, bisa juga disambungkan dengan head unit. Siapkan bujet antara Rp 2-4 juta. Kalau ingin yang lebih canggih, bahkan ada yang mencapai Rp 8 juta tentu dengan kualitas dan kemampuan lebih baik.

3. TV Konsol dengan braket. Ini khusus untuk mobil-mobil yang jok dan sandaran kepalanya menyatu. Braket akan dipasang pada konsol tengah untuk meletakkan TV buat penumpang belakang. Di pasaran, TV jenis ini dijual Rp 3,5 juta ukuran 7 inci dan Rp 4 juta untuk ukuran 8 inci.

4. TV Berlangganan. Sudah ada sejak beberapa tahun lalu dipelopori M2V, dan akhir-akhir ini Nexmedia gencar mempromosikannya. Kini di dalam mobil juga bisa nonton tv lokal dan mancanegara. Memasangnya butuh kabel RCA dan antena dengan proses instalasi selama 1 jam. ”Kalau mobil mewah bisa agak lama, karena pengabelannya beda dan lebih rumit,” terang Bernard.

5. Aplikasi TV Besar. Di pasaran tersedia dua jenis, plasma dan LCD TFT. Ukurannya bisa sampai 63 inci. Biasanya jenis ini dipakai untuk modifikasi MPV dengan car theatre canggih.

6. Game. Anda juga bisa pasang game konsol seperti Wii, PS atau Xbox 360. Untuk memasangnya baik TV maupun pasang game di mobil butuh inverter. Fungsi inverter mengubah tegangan DC jadi AC. Untuk mendapatkannya bisa ditempuh dua cara, membeli perangkat jadi atau merakitnya sendiri.

7. Karaoke. Banyak paket di toko audio yang menawarkan sistem ini. Misalnya, dengan Rp 6 juta, sudah dapat headrest monitor 7 inci, mesin mini karaoke, buku daftar lagu, remote, dan mikrofon. Sistem suara terkoneksi dengan perangkat audio mobil yang sudah terpasang. Jika ingin menambah lagu bisa menggunakan konektor USB yang ada di player karaoke.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com