Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tematis Audio

Perangkat Audio "Instan", Naikkan Kualitas Tanpa Waswas

Kompas.com - 28/12/2013, 16:54 WIB
Aris F. Harvenda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Sistem audio yang dipasang oleh produsen mobil tentunya memiliki kualitas yang baik, paling tidak untuk ketahanan. Namun, banyak pengguna ataupun penikmat hiburan di mobil (in car entertainment) masih merasa kurang cocok, baik dari segi kualitas maupun tampilan. Bahkan, jalan tersebut dilakukan untuk meng-up grade tampilan menjadi seperti varian termahal.

Tak pelak, modifikasi menjadi solusi. Namun, beberapa kalangan merasa kurang sreg jika harus mengubah atau merusak komponen bawaan pabrik, apalagi jika bisa menggugurkan garansi.

Peluang ini dimanfaatkan oleh produsen China untuk menciptakan perangkat yang bersifat instan atau kerap disebut plug and play. Selain itu ada pula yang menyediakan komponen berdimensi kecil sehingga tidak mengganggu atau mengurangi volume kabin. Pemasangannya pun tidak rumit dan relatif cepat, hanya 1-2 jam.

Head unit
Tren penggunaan head unit 2DIN yang terintegrasi dengan dasbor (indash) sudah merebak di beberapa varian tertinggi. Bentuknya pun terlihat lebih mewah ketimbang varian di bawahnya yang kadang hanya dipasangi single DIN atau 2DIN yang tidak terintegrasi sehingga bentuknya terlihat dipaksakan.

Beberapa produsen asal China sudah membidik segmen ini dan membanjiri pasar aftermarket dengan barang yang kerap disebut plug and play. Desainnya dibuat sama dengan yang asli dan pemasangan pun tidak merusak atau mengubah apa pun. Harga pun lebih terjangkau, yakni Rp 6 juta-Rp 7 juta.

Subwoofer
Untuk mendapatkan suara bas yang mumpuni, salah satu komponen yang dibutuhkan adalah subwoofer. Anggapan sebagian, orang subwoofer kerap dicap sebagai perangkat yang memakan tempat, utamanya bagasi, karena dibalut oleh boks ukuran yang besar. Seiring kemajuan teknologi, beberapa produsen sudah menjual portable subwoofer yang lebih ramping. Bahkan, saking kecil dan tipis, portable subwoofer bisa disembunyikan di bawah jok. Untuk suara, produknya bisa bersanding dengan yang berspesifikasi sejenis. Banderolnya juga menarik, Rp 1,9-Rp 4 juta.

Power amplifier
Penguat suara (power amplifier) juga punya desain yang serupa dengan subwoofer. Dimensinya kini ada yang model mungil, disebut pocket pack. Sesuai dengan sebutannya, alat tersebut bisa dikantongi di saku celana ukuran standar karena ukurannya setara dengan telapak tangan dewasa. Dengan begitu pula, penempatannya bisa sesuai keinginan. Harganya menarik, Rp 2,5 juta-Rp 4 juta.

2 in 1
Jika ingin menggabungkan keduanya (subwoofer dan power amplifier) dalam satu kesatuan, saat ini sudah ada perangkat terbaru model 2 in 1. Dikemas dalam boks yang dimensinya lebih besar dari portable subwoofer, dan dijual sekitar Rp 5 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com