Kompas.com - 29/05/2013, 15:00 WIB
All-New Kia Carens dikenalkan di hadapan wartawan otomotif, Rabu (29/5) di Central Park, Jakarta Barat. donny aprilianandaAll-New Kia Carens dikenalkan di hadapan wartawan otomotif, Rabu (29/5) di Central Park, Jakarta Barat.
EditorAris F Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif – PT Kia Mobil Indonesia (KMI) memperkenalkan All-New Kia Carens kepada media, di Patio Tribeca, Central Park, Jakarta Barat, hari ini (29/5). Karena peluncuran resmi dilakukan 4 Juni mendatang, KMI belum mengumumkan harga. Namun Direktur Pemasaran KMI,  Hartanto Sukmono memberi ancar-ancar, tak lebih dari Rp 250 juta untuk transmisi manual.

Dari tiga varian mesin Carens baru untuk pasar global, KMI memilih 2.000cc bensin dengan teknologi  DOHC dual CVVT. ”Kami tidak mau mencoba mesin di bawah itu. Pemainnya sudah banyak.  Segmen Carens saat ini masih sangat besar,” urai Hartanto.

Diesel
KMI tidak mau memasarkan All-New Carens bermesin diesel. "Kecenderungan konsumen memilih diesel, memanfaatkan bahan bakar bersubsidi. Sementaradi daerah-daerah lebih banyak menderita. Kami tidak mau meluncurkan produk yang di kemudian hari menimbulkan masalah," tegas Hartanto.

Segemen yang diincar untuk Carens  ini  adalah konsumen berusia 30-40 tahun, berada di kelas medium-upper, menghindari mobil-mobil mainstream alias banyak digunakan orang. Alternatif di segmen ini adalah Toyota Innova, Isuzu Panther, Proton Exora dan Nissan Grand Livina 1.8 Ultimate.

KMI tak mau lagi menyebut mobil ini sebagai Multi Purpose Vehicle (MPV), meski tetap bisa memuat 7-penumpang. ”MPV hanya ada di Indonesia. Di Eropa, hanya ada dua jenis, passanger dan commercial car. Kami lebih suka menyebut Carens sebagai family car,  ke arah people mover,” ujar Hartanto.

Di segmen yang cukup besar ini, KMI menargetkan All-New Kia Carens 1.000 unit hingga akhir 2013.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X