Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

All New Ford Focus Bisa Parkir Sendiri

Kompas.com - 11/07/2012, 09:23 WIB

Krabi, KompasOtomotif — Ketika mengikuti acara test drive All New Ford Focus di Krabi, Thailand, Senin (9/7/2012), di sela-sela pengujian, KompasOtomotif bersama beberapa rekan media dari Indonesia mendapat penjelasan mengenai dua fitur unggulan, yakni Active Park Assist (APA) dan Active City Stop (ACS) yang terdapat pada model sedan ataupun hatchback. Kedua model baru Ford Focus tersebut akan dipasarkan di Indonesia pada September mendatang.

Nah, pada tulisan ini, KompasOtomotif coba menyampaikan kehebatan dari fitur APA setelah mencoba sedan Focus maupun yang hatchback-nya. Sebelum mencobanya, terlebih dulu dapat penjelasan cara pengoperasian dan fungsinya dari teknisi Ford Motor Asia Pasific and Africa. Ternyata, caranya cukup mudah dan sangat membantu khususnya kaum wanita yang kerap kesulitan parkir paralel.

Jadi, semisal akan memarkirkan mobil secara pararel di sebelah kiri. Sebelum masuk, aktifkan fitur APA yang terletak di dasbor tengah bagian bawah. Kemudian tekan tuas sein ke kiri, selain memberi tanda mau masuk (kiri), ketika lampu sein berkedip, secara bersamaan juga mengaktifkan sensor samping yang terdapat di bemper depan guna mendeteksi area parkir. Parameter luas yang layak untuk parkir adalah 1,2 meter lebih panjang dari ukuran Focus.

Setelah sensor menemukan area tersebut maka layar kecil di tengah dasbor akan memberi petunjuk. Tugas Anda selanjutnya adalah mengatur gas dan rem serta memindahkan posisi gigi (maju atau mundur). Dan, biarkan setir berputar sendiri sesuai arahan dari Electronic Control Unit (ECU). Perhatikan bunyi sensor parkir untuk memastikan jarak aman depan dan belakang. Ketika bunyinya tidak terputus berarti harus mengerem dan pindahkan gigi sesuai petunjuk layar. Ketika sudah mendapatkan posisi ideal parkir, layar akan menginformasikan dan fitur tersebut secara otomatis tidak berfungsi.

Saat proses berlangsung, jangan sekali-kali memegang lingkar kemudi karena akan menonaktifkan APA. Bila hal tersebut terjadi, Anda harus melakukan proses dari awal. Sensor APA berlaku selama mobil melaju di bawah 30 kpj.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com